Jumat, 28 November 2025

Kelas 1 Pancasila (Kisi-Kisi)

 



KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026


KELAS          : I (Satu)

MATA PELAJARAN : Pancasila

WAKTU         : 90 Menit

PENYUSUN SOAL : Siti Nurr Komaryyah Hasymi, S.Pd

  1. Peserta didik dapat menyebutkan hobinya dan hobi teman-temannya.

  1. Peserta didik dapat  menyebutkan  arti kata hobi.

  2. Peserta didik dapat Mengidentifikasi kegiatan yang bukan hobi. 

  3. Peserta didik dapat menentukan sikap yang tepat terhadap perbedaan hobi.

  1. Peserta didik dapat menyebutkan sifatnya dan sifat teman-temannya.

  1. Peserta didik dapat Menentukan sikap yang benar saat memperkenalkan diri.

  2. Peserta didik dapat Mengidentifikasi bahwa setiap anak memiliki sifat berbeda.

  1. Peserta didik dapat menjelaskan dengan mandiri keberagaman identitas fisik.

  1. Peserta didik dapat menentukan mana yang merupakan ciri fisik.

  2. Peserta didik dapat menyebutkan ciri fisik seseorang.

  1. Peserta didik dengan bernalar kritis dapat menjelaskan perilaku hidup rukun di sekolah.

  1. Peserta didik Menentukan tindakan yang baik ketika melihat teman jatuh.

  2. Peserta didik dapat Mengidentifikasi manfaat hidup rukun.

  1. Peserta didik berkebhinekaan global dalam membuat aturan main bersama.

  1. Peserta didik dapat menyebutkan sikap yang tidak boleh dilakukan saat bermain.

  2. Peserta didik dapat Menentukan tindakan yang benar saat bermain di rumah teman.

  3. Peserta didik dapat Mengetahui pentingnya aturan sebelum bermain.

  1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian aturan di dalam keluarga.

  1. Peserta didik dapat Mengetahui arti kata aturan.

  2. Peserta didik dapat Mengidentifikasi manfaat aturan di rumah.

  3. Peserta didik dapat mengetahui jam bangun pagi.

  1. Peserta didik dapat menyebutkan contoh aturan di lingkungan keluarga

  1. Peserta didik dapat membedakan aturan rumah dan sekolah

  2. Peserta didik dapat menyebutkan kegiatan agar badan segar sebelum sekolah.

  1. Peserta didik dapat menceritakan perilaku patuh aturan di lingkungan keluarga.

  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi aturan di rumah.

  2. Peserta didik dapat menyebutkan aturan makan.

  1. Peserta didik secara mandiri melaksanakan  aturan di lingkungan rumah.

  1. Peserta didik dapat menentukan tindakan yang tepat saat melihat sampah.

  2. Peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat hidup bersih.

  1. Peserta didik dengan bernalar kritis menunjukkan prilaku patuh dan tidak patuh.

  1. Peserta didik dapat menyebutkan contoh aturan yang dilakukan pada malam hari.

  2. Peserta didik dapat mengetahui akibat tidak mematuhi aturan di rumah.

  1. Peserta didik berkebhinekaan global dalam membuat kreasi wujud peduli lingkungan sekitar.

  1. Peserta didik dapat menentukan sampah organik dan anorganik.

  2. Menyebutkan aturan kebersihan yang benar di masyarakat.






0 komentar:

Posting Komentar