Jumat, 28 November 2025

Kelas 3 Pancasila (Kisi-Kisi)



KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN AKHIR SEMESTER

SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026


KELAS                 : 3 (Tiga)

MATA PELAJARAN         : Pendidikan Pancasila

WAKTU             : 60 Menit

PENYUSUN SOAL     : Nur Lina, S.Pd


  1. Siswa dapat menentukan asal suku tokoh berdasarkan teks.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi sikap hidup rukun berdasarkan teks.
  3. Siswa dapat menentukan informasi diri yang tepat untuk memperkenalkan diri.
  4. Siswa dapat  menuliskan anggota keluarga yang ada di rumah.
  5. Siswa dapat menentukan sikap yang tepat terhadap teman yang memiliki hobi berbeda.
  6. Siswa dapat menentukan sikap yang tepat saat mendengar azan dan menghormati agama teman.
  7. Siswa dapat menentukan sikap yang tepat terhadap perbedaan fisik teman.
  8. Siswa dapat menentukan sikap ramah kepada tetangga yang berbeda suku.
  9. Siswa dapat menentukan sikap menolong teman yang kesulitan.
  10. Siswa dapat menentukan sikap yang tepat kepada teman baru dari daerah lain.
  11. Siswa dapat mengidentifikasi bentuk penghargaan terhadap teman yang berbeda hobi.
  12. Siswa dapat menuliskan sikap yang tepat saat melihat anak kecil menangis.
  13. Siswa dapat mengidentifikasi bagian lingkungan tempat tinggal.
  14. Siswa dapat menentukan tempat bermain di lingkungan sekitar.
  15. Siswa dapat mengidentifikasi peran Ketua RT.
  16. Siswa dapat menentukan sikap yang tepat saat tetangga mengadakan acara.
  17. Siswa dapat menjelaskan tindakan yang tepat saat melihat anak tersesat.
  18. Siswa dapat menentukan sikap saling mengajari dalam perbedaan kemampuan.
  19. Siswa dapat menentukan sikap yang tepat saat perbedaan ide dalam kerja kelompok.
  20. Siswa dapat menentukan manfaat kerjasama dalam keberagaman.
  21. Siswa dapat menentukan contoh kerja sama yang mengutamakan persatuan.
  22. Siswa dapat menuliskan bentuk bantuan kepada teman yang kelelahan.
  23. Siswa dapat menentukan aturan sekolah yang harus dipatuhi.
  24. Siswa dapat memilih aturan keselamatan berkendara yang tepat.
  25. Siswa dapat menentukan sikap yang tepat ketika melihat teman melanggar aturan.
  26. Siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap sopan di sekolah.
  27. Siswa dapat menentukan akibat tidak melaksanakan aturan di sekolah.
  28. Siswa dapat menentukan akibat dari kebiasaan menonton TV larut malam.
  29. Siswa dapat menentukan akibat mengganggu ketenangan di perpustakaan.
  30. Siswa dapat menentukan akibat merusak fasilitas umum.
  31. Siswa dapat mengidentifikasi kewajiban anak di rumah.
  32. Siswa dapat menentukan kewajiban menjaga kebersihan toilet.
  33. Siswa dapat menentukan hak yang diperoleh setelah melaksanakan kewajiban.
  34. Siswa dapat menentukan kewajiban membantu orang tua.
  35. Siswa dapat mengidentifikasi kewajiban sebagai siswa pada gambar.


0 komentar:

Posting Komentar