KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2025/2026
KELAS : VI
MATA PELAJARAN : Pancasila
WAKTU : 90 Menit
PENYUSUN SOAL : Rima Lizarni, S.Pd., Gr.
Murid dapat menyebutkan dan menjelaskan berbagai macam nilai yang ada dalam Pancasila
Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi nilai luhur Pancasila dengan tepat
Disajikan gambar, murid dapat menganalisis contoh nyata pengamalan Pancasila dengan benar
Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi nilai luhur Pancasila dengan benar
Murid dapat menghubungkan sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh
Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi nilai pengamalan sila Pancasila dengan tepat
Disajikan teks. murid dapat menganalisis keterkaitan nilai gotong royong dengan sila-sila Pancasila dengan benar
Disajikan pilihan gambar lambang sila Pancasila, murid dapat mengidentifikasi lambang yang sesuai dengan nilai luhur Pancasila dengan tepat
Murid dapat mengenali dan mencontohkan sikap tidak membeda- bedakan di lingkungan masyarakat
Disajikan teks. murid dapat mendefinisikan makna dari teks tersebut
Disajikan sebuah kasus, murid dapat menerapkan sikap yang benar dalam mengambil tindakan sesuai dengan tepat
Murid dapat Menyebutkan 3 manfaat dalam penerapan nilai Pancasila
Murid dapat menjelaskan dan mengamalkan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi makna Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
Disajikan sebuah kasus, murid dapat mengidentifikasi nilai sila Pancasila dengan benar
Disajikan teks. murid dapat menganalisis efektivitas media sosial dalam menanamkan kepedulian.
Murid dapat menjelaskan arti Pancasila sebagai pemersatu bangsa
Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi pengamalan sila Pancasila dengan tepat
Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi semboyan pemersatu bangsa dengan benar
Disajikan teks. murid dapat menerapkan toleransi di lingkungan sekolah.
Murid dapat menjelaskan penerapan nilai Pancasila di lingkungan sekolah
Disajikan teks. murid dapat menganalisis pengamalan sila Pancasila di sekolah
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi kewajibannya dalam konteks pengamalan Pancasila.
Murid dapat menyebutkan 2 contoh tindakan kepedulian di sekolah
Murid dapat menyebutkan dan menjelaskan berbagai norma yang berlaku di masyarakat
Disajikan teks. murid dapat mendefinisikan konsep norma dengan benar
Disajikan sebuah soal, murid dapat menjelaskan 4jenis norma dan sumbernya
Murid dapat menjelaskan perbedaan hak dan kewajiban di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
Disajikan sebuah kasus, murid dapat mengidentifikasi hak warga dalam kasus tersebut
Disajikan teks. murid dapat Mendefinisikan konsep kewajiban dengan tepat
Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi sumber dana pembangunan fasilitas umum
Murid dapat menyebutkan serta menjelaskan berbagai contoh sikap jujur dan tanggung jawab di lingkungan sekitar
Disajikan sebuah kasusu, murid dapat menerapkan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi sikap jujur dengan tepat
Disajikan sebuah gambar, murid dapat menerapkan sikap bertanggung jawab dengan tepat
Murid dapat mengeksplorasi manfaat sikap jujur dan tanggung jawab
Disajikan sebuah kasus, murid dapat menganalisis manfaat sikap disiplin waktu.
Disajikan soal murid dapat menyebutkan 3 manfaat sikap jujur dan bertanggung jawab
Murid dapat menyebutkan dan menjelaskan berbagai perwujudan demokrasi di Indonesia
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi fungsi musyawarah dalam keberagaman
Disajikan soal. murid dapat Mengidentifikasi asas pelaksanaan Pemilu
Disajikan soal. murid dapat mengidentifikasi dasar hukum hak berpendapat.
Murid dapat menjelaskan dan menerapkan prinsip dan cara bermusyawarah dengan baik dan benar
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi tujuan penetapan agenda musyawarah.
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi etika/tata krama musyawarah.
Disajikan teks. murid dapat menganalisis prinsip-prinsip musyawarah
Murid dapat menyebutkan dan mengeksplorasi berbagai cara pengambilan Keputusan
Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi dasar pengambilan keputusan musyawarah
Disajikan teks. murid dapat mendefinisikan konsep mufakat dengan tepat
Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi mekanisme pengambilan keputusan setelah mufakat gagal
Murid dapat menyebutkan dan menjelaskan beragam contoh musyawarah di berbagai lingkungan
Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi manfaat musyawarah bagi dirinya
Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi dampak positif musyawarah di masyarakat.
Menyebutkan contoh musyawarah di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat







0 komentar:
Posting Komentar