Sabtu, 29 November 2025

Kelas 6 Pancasila (Kisi-Kisi)

 

KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026


KELAS         : VI

MATA PELAJARAN : Pancasila

WAKTU         : 90 Menit

PENYUSUN SOAL : Rima Lizarni, S.Pd., Gr.


  1. Murid dapat menyebutkan dan menjelaskan berbagai macam nilai yang ada dalam Pancasila

  1. Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi nilai luhur Pancasila dengan tepat

  2. Disajikan gambar, murid dapat menganalisis contoh nyata pengamalan Pancasila dengan benar

  3. Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi nilai luhur Pancasila dengan benar

  1. Murid dapat menghubungkan sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh

  1. Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi nilai pengamalan sila Pancasila dengan tepat

  2. Disajikan teks. murid dapat menganalisis keterkaitan nilai gotong royong dengan sila-sila Pancasila dengan benar

  3. Disajikan pilihan gambar lambang sila Pancasila, murid dapat mengidentifikasi lambang yang sesuai dengan nilai luhur Pancasila dengan tepat

  1. Murid dapat mengenali dan mencontohkan sikap tidak membeda- bedakan di lingkungan masyarakat

  1. Disajikan teks. murid dapat mendefinisikan makna dari teks tersebut

  2. Disajikan sebuah kasus, murid dapat menerapkan sikap yang benar dalam mengambil tindakan sesuai dengan tepat

  3. Murid dapat Menyebutkan 3 manfaat dalam penerapan nilai Pancasila

  1. Murid dapat menjelaskan dan mengamalkan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

  1. Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi makna Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

  2. Disajikan sebuah kasus, murid dapat mengidentifikasi nilai sila Pancasila dengan benar

  3. Disajikan teks. murid dapat menganalisis efektivitas media sosial dalam menanamkan kepedulian.

  1. Murid dapat menjelaskan arti Pancasila sebagai pemersatu bangsa

  1. Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi pengamalan sila Pancasila dengan tepat

  2. Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi semboyan pemersatu bangsa dengan benar

  3. Disajikan teks. murid dapat menerapkan toleransi di lingkungan sekolah.

  1. Murid dapat menjelaskan penerapan nilai Pancasila di lingkungan sekolah

  1. Disajikan teks. murid dapat menganalisis pengamalan sila Pancasila di sekolah

  2. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi kewajibannya dalam konteks pengamalan Pancasila.

  3. Murid dapat menyebutkan 2 contoh tindakan kepedulian di sekolah

  1. Murid dapat menyebutkan dan menjelaskan berbagai norma yang berlaku di masyarakat

  1. Disajikan teks. murid dapat mendefinisikan konsep norma dengan benar

  2. Disajikan sebuah soal, murid dapat menjelaskan 4jenis norma dan sumbernya

  1. Murid dapat menjelaskan perbedaan hak dan kewajiban di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat

  1. Disajikan sebuah kasus, murid dapat mengidentifikasi hak warga dalam kasus tersebut

  2. Disajikan teks. murid dapat Mendefinisikan konsep kewajiban dengan tepat

  3. Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi sumber dana pembangunan fasilitas umum

  1. Murid dapat menyebutkan serta menjelaskan berbagai contoh sikap jujur dan tanggung jawab di lingkungan sekitar

  1. Disajikan sebuah kasusu, murid dapat menerapkan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari

  2. Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi sikap jujur dengan tepat

  3. Disajikan sebuah gambar, murid dapat menerapkan sikap bertanggung jawab dengan tepat

  1. Murid dapat mengeksplorasi manfaat sikap jujur dan tanggung jawab

  1. Disajikan sebuah kasus, murid dapat menganalisis manfaat sikap disiplin waktu.

  2. Disajikan soal murid dapat menyebutkan 3 manfaat sikap jujur dan bertanggung jawab

  1. Murid dapat menyebutkan dan menjelaskan berbagai perwujudan demokrasi di Indonesia

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi fungsi musyawarah dalam keberagaman

  2. Disajikan soal. murid dapat Mengidentifikasi asas pelaksanaan Pemilu

  3. Disajikan soal. murid dapat mengidentifikasi dasar hukum hak berpendapat.

  1. Murid dapat menjelaskan dan menerapkan prinsip dan cara bermusyawarah dengan baik dan benar

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi tujuan penetapan agenda musyawarah.

  2. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi etika/tata krama musyawarah.

  3. Disajikan teks. murid dapat menganalisis prinsip-prinsip musyawarah

  1. Murid dapat menyebutkan dan mengeksplorasi berbagai cara pengambilan Keputusan

  1. Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi dasar pengambilan keputusan musyawarah

  2. Disajikan teks. murid dapat mendefinisikan konsep mufakat dengan tepat

  3. Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi mekanisme pengambilan keputusan setelah mufakat gagal

  1. Murid dapat menyebutkan dan menjelaskan beragam contoh musyawarah di berbagai lingkungan

  1. Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi manfaat musyawarah bagi dirinya

  2. Disajikan teks. murid dapat mengidentifikasi dampak positif musyawarah di masyarakat.

  3. Menyebutkan contoh musyawarah di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat


0 komentar:

Posting Komentar