Sabtu, 29 November 2025

Kelas 6 BMR (Kisi-Kisi)

 

KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026


KELAS         : VI

MATA PELAJARAN : Budaya Melayu Riau

WAKTU         : 90 Menit

PENYUSUN SOAL : Rima Lizarni, S.Pd., Gr.


  1. Murid dapat mengidentifikasi dan menjelaskan flora endemik Riau

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi istilah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme dengan lingkungannya

  2. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi kelompok tumbuhan endemik dan makanan pokok daerah Melayu Riau.

  3. Disajikan gambar, murid dapat mengidentifikasi flora endemik Riau (pohon palm rawa).

  1. Murid dapat mengidentifikasi dan menjelaskan fauna endemik Riau

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi fauna endemik Riau (maskot Riau).

  2. Disajikan soal, murid dapat mengetahui istilah lokal nama kecil ikan terubuk.

  3. Disajikan soal, murid dapat menjelaskan konsep flora/fauna endemik dan memberikan contoh

  1. Murid dapat mengidentifikasi dan menjelaskan situs sejarah Melayu era Kolonial di Riau

  1. Disajikan gambar, murid dapat mengidentifikasi senjata tradisional Melayu Riau era kolonia

  2. Disajikan gambar, murid dapat Mengidentifikasi bangunan bersejarah kolonial di Bengkalis dengan tepat

  3. Disajikan soal, murid dapat menjelaskan konsep Era Kolonial Riau

  1. Murid dapat mengidentifikasi dan menjelaskan tokoh sejarah Melayu era Kolonial di Riau

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi tokoh perlawanan Suku Akit terhadap Belanda

  2. Disajikan teks, murid dapat mengidentifikasi lokasi Benteng Tujuh Lapis

  3. Disajikan soal, murid dapat menggambarkan sifat tokoh sejarah

  1. Murid dapat mengidentifikasi dan menjelaskan adab aktivitas hidup sehari-hari Melayu Riau

  1. Disajikan soal, murid dapat mendefinisikan konsep Adab

  2. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi contoh adab di kamar mandi.

  3. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi posisi tidur yang dilarang

  4. Disajikan soal, murid dapat mengelompokkan jenis adab (menjaga diri dari prilaku menyimpang).

  5. Disajikan sebuah tunjuk ajar, murid dapat melengkapi petuah dengan tepat

  6. Disajikan soal, murid dapat menuliskan 3 hal yang bertentangan dengan adab terhadap orang tua

  1. Murid dapat mengidentifikasi tertib berpakaian Melayu Riau

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi asas/aturan berpakaian Melayu

  2. Disajikan tunjuk ajar, murid dapat Memahami filosofi pakaian Melayu

  3. Disajikan gambar, murid dapat Mengidentifikasi jenis model Baju Kurung pria dengan tepat

  4. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi aturan labuh (panjang) kain sampin untuk anak muda.

  5. Disajikan soal, murid dapat menerapkan adab berhias dalam budaya Melayu.

  6. Disajikan soal, murid dapat menjelaskan makna filosofis Baju Kurung.

  1. Murid dapat mengidentifikasi jenis-jenis makanan harian Melayu Riau

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi teknik pembuatan ikan salai

  2. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi bumbu dasar masakan Melayu

  3. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi bahan baku cencaluk.

  1. Murid dapat menjelaskan cara penyajian makanan harian Melayu Riau

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi dasar kuah masakan Asam Pedas

  2. Disajikan soal, murid dapat menjelaskan alasan teknik pengolahan siput dengan tepat

  3. Disajikan soal, murid dapat menjelaskan adab/cara penyajian makanan harian Melayu Riau.

0 komentar:

Posting Komentar