KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2025/2026
KELAS : VI
MATA PELAJARAN : Budaya Melayu Riau
WAKTU : 90 Menit
PENYUSUN SOAL : Rima Lizarni, S.Pd., Gr.
Murid dapat mengidentifikasi dan menjelaskan flora endemik Riau
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi istilah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme dengan lingkungannya
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi kelompok tumbuhan endemik dan makanan pokok daerah Melayu Riau.
Disajikan gambar, murid dapat mengidentifikasi flora endemik Riau (pohon palm rawa).
Murid dapat mengidentifikasi dan menjelaskan fauna endemik Riau
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi fauna endemik Riau (maskot Riau).
Disajikan soal, murid dapat mengetahui istilah lokal nama kecil ikan terubuk.
Disajikan soal, murid dapat menjelaskan konsep flora/fauna endemik dan memberikan contoh
Murid dapat mengidentifikasi dan menjelaskan situs sejarah Melayu era Kolonial di Riau
Disajikan gambar, murid dapat mengidentifikasi senjata tradisional Melayu Riau era kolonia
Disajikan gambar, murid dapat Mengidentifikasi bangunan bersejarah kolonial di Bengkalis dengan tepat
Disajikan soal, murid dapat menjelaskan konsep Era Kolonial Riau
Murid dapat mengidentifikasi dan menjelaskan tokoh sejarah Melayu era Kolonial di Riau
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi tokoh perlawanan Suku Akit terhadap Belanda
Disajikan teks, murid dapat mengidentifikasi lokasi Benteng Tujuh Lapis
Disajikan soal, murid dapat menggambarkan sifat tokoh sejarah
Murid dapat mengidentifikasi dan menjelaskan adab aktivitas hidup sehari-hari Melayu Riau
Disajikan soal, murid dapat mendefinisikan konsep Adab
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi contoh adab di kamar mandi.
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi posisi tidur yang dilarang
Disajikan soal, murid dapat mengelompokkan jenis adab (menjaga diri dari prilaku menyimpang).
Disajikan sebuah tunjuk ajar, murid dapat melengkapi petuah dengan tepat
Disajikan soal, murid dapat menuliskan 3 hal yang bertentangan dengan adab terhadap orang tua
Murid dapat mengidentifikasi tertib berpakaian Melayu Riau
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi asas/aturan berpakaian Melayu
Disajikan tunjuk ajar, murid dapat Memahami filosofi pakaian Melayu
Disajikan gambar, murid dapat Mengidentifikasi jenis model Baju Kurung pria dengan tepat
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi aturan labuh (panjang) kain sampin untuk anak muda.
Disajikan soal, murid dapat menerapkan adab berhias dalam budaya Melayu.
Disajikan soal, murid dapat menjelaskan makna filosofis Baju Kurung.
Murid dapat mengidentifikasi jenis-jenis makanan harian Melayu Riau
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi teknik pembuatan ikan salai
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi bumbu dasar masakan Melayu
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi bahan baku cencaluk.
Murid dapat menjelaskan cara penyajian makanan harian Melayu Riau
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi dasar kuah masakan Asam Pedas
Disajikan soal, murid dapat menjelaskan alasan teknik pengolahan siput dengan tepat
Disajikan soal, murid dapat menjelaskan adab/cara penyajian makanan harian Melayu Riau.







0 komentar:
Posting Komentar