Jumat, 28 November 2025

Kelas 3 Bahasa Indonesia (Kisi-Kisi)


KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN AJARAN 2025/2026


Kelas 

:

III

Mata Pelajaran 

:

BINA

Waktu 

:

90 Menit

Penyusun Soal 

:

Dewi, S.Pd, Gr.


  1. Siswa dapat mengidentifikasi penggunaan ejaan (huruf kapital) dengan tepat

  1. Siswa dapat mengidentifikasi penggunaan huruf kapital dengan tepat.

  2. Siswa dapat mengaplikasikan aturan penulisan huruf kapital (nama, tempat dan bulan) dengan tepat dalam sebuah kalimat.

  3. Siswa dapat mengidentifikasi fungsi penggunaan huruf kapital berdasarkan konteks kalimat 

  4. Siswa dapat melengkapi kalimat rumpang terkait penggunaan huruf kapital.

  1. Siswa dapat mengidentifikasi tanda baca yang tepat untuk  kalimat

  1. Siswa dapat menentukan tanda baca yang tepat untuk kalimat larangan/perintah.

  2. Siswa dapat mengidentifikasi penggunaan tanda baca yang tepat pada sebuah kalimat.

  3. Siswa dapat menentukan kata tanya yang sesuai pada suatu kalimat

  4. Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata dan tanda baca yang tepat (misalnya kata tanya dan tanda tanya).

  1. Siswa dapat mengidentifikasi dan menentukan informasi dari teks yang telah dibaca

  1. Siswa dapat menentukan judul yang sesuai dari teks bacaan

  2. Siswa dapat menentukan ide pokok/gagasan utama pada paragraf.

  3. Siswa dapat menentukan tanda baca yang tepat pada teks bacaan.

  4. Siswa dapat memperbaiki kesalahan penulisan dalam sebuah kalimat.

  1. Siswa dapat mengidentifikasi dan menentukan informasi dari visual /gambar  yang diamati

  1. Siswa dapat mengidentifikasi informasi yang sesuai dengan gambar yang diamati

  2. Siswa dapat menyusun kalimat berpola (SPOK) berdasarkan gambar yang diamati

  3. Siswa dapat mengidentifikasi struktur kalimat yang tepat.



  1. Siswa dapat mengidentifikasi dan menentukan unsur-unsur instrinsik cerita dongeng

  1. Siswa dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh utama dalam cerita.

  2. Siswa dapat mengidentifikasi sifat tokoh berdasarkan perilaku dalam cerita.

  3. Siswa dapat mengidentifikasi konflik/masalah utama yang dialami tokoh.

  4. Siswa dapat mengidentifikasi alur dari sebuah cerita.

  5. Siswa dapat mengidentifikasi latar tempat dalam cerita.

  6. Siswa dapat mengidentifikasi amanat/pesan moral dari sebuah cerita.

  7. Siswa dapat mengurutkan kejadian dalam cerita secara kronologis.

  8. Siswa dapat menyebutkan tindakan yang dilakukan tokoh untuk mengatasi masalah.

  1. Siswa mengidentifikasi pernyataan yang mengandung fakta, fiksi dan majas hiperbola

  1. Siswa dapat mendefinisikan kalimat yang mengandung informasi fakta/fiksa 

  2. Siswa dapat menyusun kalimat fakta/fiksi tentang suatu objek.

  3. Siswa dapat mengidentifikasi makna dari majas hiperbola yang ada di suatu kalimat.

  4. Siswa dapat mengidentifikasi/menyebutkan contoh majas hiperbola lain dari cerita.

  1. Siswa dapat mengimplementasikan penyusunan kalimat aktif dan pasif

  1. Siswa dapat menyusun kata agar membentuk kalimat aktif/pasif dengan tepat.

  2. Siswa dapat mengidentifikasi kalimat pasif/aktif  dengan tepat.

  3. Siswa dapat membuat contoh kalimat aktif dan pasif.

  1. Siswa dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat pada puisi

  1. Siswa dapat menentukan ide pokok/gagasan utama dari puisi.

  2. Siswa dapat menganalisis makna dari majas hiperbola dalam puisi.

  3. Siswa dapat menentukan amanat/pesan moral dari puisi.

  4. Siswa dapat mengidentifikasi perasaan penulis/suasana dalam puisi.

0 komentar:

Posting Komentar