Jumat, 28 November 2025

Kelas 2 PJOK (Kisi-Kisi)

 






KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2025/2026


KELAS          : II
MATA PELAJARAN     : PJOK
WAKTU         : 90 Menit
PENYUSUN SOAL : Minia Wety, S.Pd


A. Peserta didik dapat mengetahui gerak berjalan, berlari, melompat dan meloncat

  1. Siswa dapat mengidentifikasi nama gerakan berpindah tempat dari titik A ke titik B.
  2. Siswa dapat menyebutkan jenis gerakan (konsep dasar gerak).
  3. Siswa dapat mengidentifikasi nama gerakan yang dilakukan di tempat (tidak berpindah).
  4. Disajikan gambar/narasi tentang Yasmine, siswa dapat mengidentifikasi jenis permainan lokomotor (lompat tali).
  5. Disajikan data tinggi dua lompatan, siswa dapat menghitung selisih tinggi lompatan.
  6. Siswa dapat menjelaskan definisi gerak lokomotor secara isian/uraian.
  7. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh gerak lokomotor
.
B. Peserta didik dapat mengetahui gerak dasar membungkuk, menekuk, memutar dan menggantung
  1. Siswa dapat mengidentifikasi gerakan menekuk tubuh pada pinggang untuk meraih jari kaki.
  2. Siswa dapat menjelaskan tujuan merentangkan tangan saat berjalan di atas garis lurus.
  3. Disajikan data jumlah gerakan pemanasan dua anak, siswa dapat menghitung selisih gerakan mereka.
  4. Siswa dapat menganalisis pusat putaran pada gerakan memutar lengan.
  5. Siswa dapat menyebutkan otot yang dilatih saat melakukan gerakan jongkok.
  6. Siswa dapat menjelaskan definisi gerak nonlokomotor.

C. Peserta didik dapat mengetahui gerak dasar menendang, melempar, memukul, dan menangkap bola.
  1. Disajikan gambar permainan beregu, siswa dapat mengidentifikasi nama permainan.
  2. Siswa dapat menyebutkan anggota tubuh yang digunakan untuk menendang.
  3. Siswa dapat mengklasifikasikan gerakan yang menggunakan alat/benda lain.
  4. Disajikan gambar aktivitas manipulatif, siswa dapat mengidentifikasi jenis gerakan.
  5. Disajikan gambar gerakan senam/lantai, siswa dapat mengidentifikasi gerakan yang dilakukan.
  6. Siswa dapat mendefinisikan gerakan manipulatif berdasarkan contoh (melempar, menangkap).

D. Peserta didik dapat mengetahui senam ketangkasan, gerak meroda, mengguling dan meloncat
  1. Siswa dapat menyebutkan nama senam yang dilakukan di atas lantai.
  2. Siswa dapat menyebutkan alas yang digunakan untuk senam lantai (gerakan meroda).
  3. Disajikan data jumlah gerakan meroda dua siswa, siswa dapat menghitung jumlah total gerakan.
  4. Disajikan gambar latihan senam, siswa dapat mengidentifikasi jenis latihan (misal: meroda/guling).
  5. Siswa dapat mengidentifikasi teknik manipulatif (memukul) dalam gerakan smash bola voli.
  6. Siswa dapat menuliskan nama alas untuk senam lantai.




0 komentar:

Posting Komentar