KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2025/2026
KELAS : II
MATA PELAJARAN : PJOK
WAKTU : 90 Menit
PENYUSUN SOAL : Minia Wety, S.Pd
A. Peserta didik dapat mengetahui gerak berjalan, berlari, melompat dan meloncat
- Siswa dapat mengidentifikasi nama gerakan berpindah tempat dari titik A ke titik B.
- Siswa dapat menyebutkan jenis gerakan (konsep dasar gerak).
- Siswa dapat mengidentifikasi nama gerakan yang dilakukan di tempat (tidak berpindah).
- Disajikan gambar/narasi tentang Yasmine, siswa dapat mengidentifikasi jenis permainan lokomotor (lompat tali).
- Disajikan data tinggi dua lompatan, siswa dapat menghitung selisih tinggi lompatan.
- Siswa dapat menjelaskan definisi gerak lokomotor secara isian/uraian.
- Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh gerak lokomotor
.
B. Peserta didik dapat mengetahui gerak dasar membungkuk, menekuk, memutar dan menggantung
- Siswa dapat mengidentifikasi gerakan menekuk tubuh pada pinggang untuk meraih jari kaki.
- Siswa dapat menjelaskan tujuan merentangkan tangan saat berjalan di atas garis lurus.
- Disajikan data jumlah gerakan pemanasan dua anak, siswa dapat menghitung selisih gerakan mereka.
- Siswa dapat menganalisis pusat putaran pada gerakan memutar lengan.
- Siswa dapat menyebutkan otot yang dilatih saat melakukan gerakan jongkok.
- Siswa dapat menjelaskan definisi gerak nonlokomotor.
C. Peserta didik dapat mengetahui gerak dasar menendang, melempar, memukul, dan menangkap bola.
- Disajikan gambar permainan beregu, siswa dapat mengidentifikasi nama permainan.
- Siswa dapat menyebutkan anggota tubuh yang digunakan untuk menendang.
- Siswa dapat mengklasifikasikan gerakan yang menggunakan alat/benda lain.
- Disajikan gambar aktivitas manipulatif, siswa dapat mengidentifikasi jenis gerakan.
- Disajikan gambar gerakan senam/lantai, siswa dapat mengidentifikasi gerakan yang dilakukan.
- Siswa dapat mendefinisikan gerakan manipulatif berdasarkan contoh (melempar, menangkap).
D. Peserta didik dapat mengetahui senam ketangkasan, gerak meroda, mengguling dan meloncat
- Siswa dapat menyebutkan nama senam yang dilakukan di atas lantai.
- Siswa dapat menyebutkan alas yang digunakan untuk senam lantai (gerakan meroda).
- Disajikan data jumlah gerakan meroda dua siswa, siswa dapat menghitung jumlah total gerakan.
- Disajikan gambar latihan senam, siswa dapat mengidentifikasi jenis latihan (misal: meroda/guling).
- Siswa dapat mengidentifikasi teknik manipulatif (memukul) dalam gerakan smash bola voli.
- Siswa dapat menuliskan nama alas untuk senam lantai.
0 komentar:
Posting Komentar