Jumat, 28 November 2025

Kelas 3 IPAS (Kisi-Kisi)

 

KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026


KELAS                 : III

MATA PELAJARAN         : IPAS

WAKTU             : 90 MENIT

PENYUSUN SOAL     : RIKA, S.Si., Gr



  1. Murid memahami fungsi panca indra, mengenal bagian-bagian dan cara merawat panca indra, serta memahami cara merawat panca indra.
  2. Murid mengetahui fungsi salah satu organ panca indra.
  3. Murid mengetahui nama organ indra yang berhubungan dengan fungsinya
  4. Murid mengetahui nama organ indra yang berhubungan dengan fungsinya.
  5. Murid mengetahui jenis-jenis organ panca indra.
  6. Murid memahami fungsi bagian spesifik dari organ indra.
  7. Murid memahami bagian organ pengecap berdasarkan rasa.
  8. Murid menerapkan konsep cara merawat organ panca indra.
  9. Murid memahami prinsip pencegahan kerusakan pada organ pendengaran.
  10. Murid memahami contoh perilaku merawat organ panca indra.
  11. Murid menerapkan cara merawat organ pengecap yang tepat.
  12. Murid memahami siklus hidup pada makhluk hidup 
  13. Murid mengetahui arti dari salah satu ciri makhluk hidup.
  14. Murid memahami perbedaan siklus hidup pada makhluk hidup.
  15. Murid mengetahui urutan tahapan siklus hidup pada manusia.
  16. Murid memahami deskripsi siklus hidup pada tumbuhan.
  17. Murid mengetahui salah satu tahap siklus hidup hewan (metamorfosis).
  18. Murid mengetahui contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna.
  19. Murid memahami sifat dan perubahan wujud zat.
  20. Murid memahami sifat-sifat khusus dari zat gas.
  21. Murid memahami sifat zat cair.
  22. Murid mengetahui jenis perubahan wujud tertentu 
  23. Murid mengetahui jenis perubahan wujud tertentu 
  24. Murid memahami cara mendeteksi keberadaan zat gas.
  25. Murid memahami proses perubahan wujud 
  26. Murid mengetahui jenis perubahan wujud pada suatu peristiwa
  27. Murid mengetahui jenis perubahan wujud 
  28. Murid mengenal struktur pemerintahan daerah, dan memahami kenampakan alam dan buatan serta potensi daerah.
  29. Murid memahami fakta tentang pemerintahan suatu wilayah.
  30. Murid mengetahui batas geografis suatu wilayah.
  31. Murid mengetahui pemimpin tertinggi tingkat Kabupaten.
  32. Murid mengetahui periode masa jabatan pemimpin daerah.
  33. Murid memahami urutan struktur pemerintahan terkecil.
  34. Murid menerapkan keterampilan analisis data wilayah administrasi.
  35. Murid menerapkan keterampilan perbandingan data wilayah.
  36. Murid mengetahui klasifikasi kenampakan alam berdasarkan ciri-ciri.
  37. Murid mengetahui klasifikasi kenampakan buatan.
  38. Murid memahami hubungan profesi dan potensi sumber daya alam.
  39. Murid menerapkan cara menjaga kelestarian sumber daya air.


0 komentar:

Posting Komentar