Sabtu, 29 November 2025

Kelas 5 BMR (Kisi-Kisi)

 




KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026


KELAS            : V (LIMA)

MATA PELAJARAN     : BUDAYA MELAYU RIAU

WAKTU             : 90 MENIT

PENYUSUN SOAL     : M. RAFI ABDI CAHYA, S.T


  1. Mengidentifikasi ekologi fisik alam Melayu Riau (tasik, laut dan selat)

  1. Murid dapat mengidentifikasi pengertian ekologi, perairan, daratan, hutan-tanah.

  1. Murid dapat membedakan pengertian tasik dari bentuk perairan lainnya.

  1. Murid dapat menganalisis contoh tasik yang berasal dari Melayu Riau.

  1. Murid dapat menentukan istilah laut yang memisahkan dua daratan.

  1. Murid dapat mengidentifikasi kegiatan ritual di selat.

  1. Murid dapat menjelaskan perbedaan tasik dan selat.

  1. Mengidentifikasi sejarah Melayu Islam di Riau (situs dan tokoh)

  1. Murid dapat mengidentifikasi asal kerajaan Sultan Syarif Kasim II.

  1. Murid dapat menentukan lokasi Istana Sayap.

  1. Murid dapat mengingat tahun pembangunan Istana Siak.

  1. Murid dapat dapat menentukan tahun penganugerahan gelar Pahlawan Nasional pada Tuanku Tambusai.

  1. Murid dapat dapat menentukan daerah asal Sultan Syarif Hassim.

  1. Murid dapat menjelaskan profil Tuanku Tambusai.

  1. Menjelaskan adab berperilaku Melayu Riau

  1. Murid dapat mengidentifikasi adab dalam beribadah.

  1. Murid dapat dapat menentukan contoh adab antar tetangga.

  1. Murid dapat menentukan adab kepada diri sendiri.

  1. Murid dapat mengidentifikasi ungkapan untuk pelanggar adat.

  2. Murid dapat menganalisis konsekuensi bagi pelanggar adat.

  3. Murid dapat menjelaskan pengertian adab.

  1. Menjelaskan pakaian Melayu Resmi

  1. Murid dapat membedakan jenis pakaian untuk upacara.

  1. Murid dapat menentukan acara pemakaian pakaian melayu resmi.

  1. Murid dapat mengidentifikasi jenis tanjak yang dipakai sultan.

  1. Murid dapat menentukan pakaian resmi perempuan anak gadis.

  1. Murid dapat menentukan warna pakaian permaisuri tertinggi

  1. Murid dapat menyebutkan perlengkapan pakaian resmi laki-laki

  1. Mengidentifikasi jenis makanan Melayu Riau berdasarkan cara memasaknya

  1. Murid dapat mengidentifikasi teknik memasak dengan air mendidih.

  1. Murid dapat membedakan jenis makanan tradisional Melayu.

  1. Murid dapat menentukan teknik memasak tanpa air dan minyak

  1. Murid dapat menganalisis bahan makanan yang diperam.

  1. Murid dapat menentukan pengertian dadih dari pilihan yang tersedia.

  1. Murid dapat menjelaskan perbedaan memasak rebus dan kukus.


0 komentar:

Posting Komentar