KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2025/2026
KELAS : V (LIMA) MATA PELAJARAN : BUDAYA MELAYU RIAU WAKTU : 90 MENIT PENYUSUN SOAL : M. RAFI ABDI CAHYA, S.T
|
Mengidentifikasi ekologi fisik alam Melayu Riau (tasik, laut dan selat)
|
Murid dapat mengidentifikasi pengertian ekologi, perairan, daratan, hutan-tanah.
|
Murid dapat membedakan pengertian tasik dari bentuk perairan lainnya.
|
Murid dapat menganalisis contoh tasik yang berasal dari Melayu Riau.
|
Murid dapat menentukan istilah laut yang memisahkan dua daratan.
|
Murid dapat mengidentifikasi kegiatan ritual di selat.
|
Murid dapat menjelaskan perbedaan tasik dan selat.
|
Mengidentifikasi sejarah Melayu Islam di Riau (situs dan tokoh)
|
Murid dapat mengidentifikasi asal kerajaan Sultan Syarif Kasim II.
|
Murid dapat menentukan lokasi Istana Sayap.
|
Murid dapat mengingat tahun pembangunan Istana Siak.
|
Murid dapat dapat menentukan tahun penganugerahan gelar Pahlawan Nasional pada Tuanku Tambusai.
|
Murid dapat dapat menentukan daerah asal Sultan Syarif Hassim.
|
Murid dapat menjelaskan profil Tuanku Tambusai.
|
Menjelaskan adab berperilaku Melayu Riau
|
Murid dapat mengidentifikasi adab dalam beribadah.
|
Murid dapat dapat menentukan contoh adab antar tetangga.
|
Murid dapat menentukan adab kepada diri sendiri.
|
Murid dapat mengidentifikasi ungkapan untuk pelanggar adat. Murid dapat menganalisis konsekuensi bagi pelanggar adat. Murid dapat menjelaskan pengertian adab.
|
Menjelaskan pakaian Melayu Resmi
|
Murid dapat membedakan jenis pakaian untuk upacara.
|
Murid dapat menentukan acara pemakaian pakaian melayu resmi.
|
Murid dapat mengidentifikasi jenis tanjak yang dipakai sultan.
|
Murid dapat menentukan pakaian resmi perempuan anak gadis.
|
Murid dapat menentukan warna pakaian permaisuri tertinggi
|
Murid dapat menyebutkan perlengkapan pakaian resmi laki-laki
|
Mengidentifikasi jenis makanan Melayu Riau berdasarkan cara memasaknya
|
Murid dapat mengidentifikasi teknik memasak dengan air mendidih.
|
Murid dapat membedakan jenis makanan tradisional Melayu.
|
Murid dapat menentukan teknik memasak tanpa air dan minyak
|
Murid dapat menganalisis bahan makanan yang diperam.
|
Murid dapat menentukan pengertian dadih dari pilihan yang tersedia.
|
Murid dapat menjelaskan perbedaan memasak rebus dan kukus.
|
|
0 komentar:
Posting Komentar