KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2025/2026
KELAS : V (Lima)
MATA PELAJARAN : SEJARAH KEBUDYAAN ISLAM (SKI)
WAKTU : 90 Menit
PENYUSUN SOAL : NITA TRIANA, S.Pd.,Gr
Menghargai nilai positif dari upaya Nabi Muhammad ﷺ dalam membina Masyarakat Madinah.
Murid dapat menentukan sebutan bagi orang yang berhijrah dari Mekkah ke Madinah.
Murid dapat menyebutkan dua Masjid yang pertama kali dibangun Nabi ﷺ di Madinah.
Murid dapat mengidentifikasi upaya Nabi ﷺ dalam menjadikan Masjid sebagai pusat dakwah.
Murid dapat menyebutkan salah satu tokoh yang bukan termasuk fuqaha sahabah.
Murid dapat menentukan hal yang bukan termasuk langkah Nabi ﷺ dalam menjaga ketentraman Madinah.
Menganalisis upaya Nabi Muhammad ﷺ dalam menjaga ketentraman dan memajukan perekonomian di Madinah.
Murid dapat menyebutkan dua suku yang bertikai di Madinah yang berhasil didamaikan oleh Nabi ﷺ.
Murid dapat menjelaskan maksud dari sistem bagi hasil (Muzara’ah) yang diatur oleh Nabi ﷺ.
Murid dapat menuliskan minimal 3 upaya yang dilakukan Nabi Muhammad ﷺ dalam meningkatkan perekonomian kaum muslimin di Madinah.
Menerima prinsip – prinsip demokrasi Nabi Muhammad ﷺ dalam menegakkan kesepakatan dengan nonmuslim
Murid dapat menyebutkan nama aturan yang dibuat Nabi ﷺ untuk menjaga kerukunan di Madinah.
Murid dapat menentukan salah satu latar belakang dibuatnya Piagam Madinah.
Murid dapat menyebutkan salah satu tujuan Piagam Madinah.
Menganalisis sebab-sebab terjadinya perang Badar dan Uhud.
Murid dapat menjelaskan tujuan Nabi Muhammad ﷺ mengirim Syariah untuk mengadang rombongan dagang Quraisy.
Murid dapat menentukan peristiwa jihad pertama kaum muslimin.
Murid dapat menjelaskan makna julukan Al-Furqan bagi perang Badar.
Menganalisis Perjanjian Hudaibiyah.
Murid dapat menyebutkan kelompok yang selalu mengganggu kaum muslimin selama di Mekkah.
Murid dapat menyebutkan tokoh munafik Madinah yang membenci Nabi Muhammad ﷺ.
Murid dapat menjelaskan mengapa Bani Qainuqa’ diusir dari Madinah (sebab-sebab pengusiran).
Menghargai nilai – nilai perdamaian Islam dalam peristiwa Fathu Makkah
Murid dapat menyebutkan lama waktu gencatan senjata dalam Perjanjian Hudaibiyah.
Murid dapat menentukan hal yang bukan termasuk isi Perjanjian Hudaibiyah.
Murid dapat mengidentifikasi sikap yang tidak sesuai dengan keteladanan Nabi Muhammad ﷺ terkait perubahan gelar.
Murid dapat menentukan perang yang terjadi setahun sebelum Nabi Muhammad ﷺ umrah pada tahun ke-6 H.
Murid dapat menyebutkan perjanjian yang dilanggar oleh kaum Quraisy sehingga menyebabkan Fathu Makkah
Menganalisis sebab-sebab, peristiwa, dan hikmah Fathu Makkah
Murid dapat menentukan keteladanan Nabi Muhammad ﷺ saat Fathu Makkah.
Murid dapat menyebutkan waktu terjadinya peristiwa Nabi Muhammad ﷺ dan kaum muslim memasuki kota Makkah.
Murid dapat menyebutkan paman Nabi Muhammad ﷺ yang memeluk Islam sebelum memasuki Makkah.
Murid dapat menjelaskan peristiwa dan penyebab terjadinya Fathu Makkah.
Menghargai perjuangan Nabi Muhammad ﷺ dalam menjaga perdamaian dengan Quraisy pada Fathu Makkah
Murid dapat menyebutkan surah Al-Qur'an tentang kemenangan yang dijanjikan Allah terkait Fathu Makkah
Murid dapat menyebutkan surah Al-Qur'an yang dibaca Nabi Muhammad ﷺ saat menghancurkan berhala di Ka’bah.
Murid dapat mengidentifikasi simbol kesyirikan di sekitar Ka'bah.
Murid dapat menyebutkan keturunan yang memegang kunci Ka’bah.
Menganalisis sebab-sebab, peristiwa, dan hikmah perjuangan Nabi Muhammad ﷺ dalam menjaga perdamaian dengan Quraisy pada Fathu Makkah
Murid dapat menentukan hal yang bukan termasuk hikmah Fathu Makkah.
Murid dapat menentukan hal yang bukan termasuk cara kaum muslimin membangun peradaban baru di Makkah.
Murid dapat menyebutkan minimal 3 peraturan yang harus dijaga masyarakat Makkah setelah Fathu Makkah (Makkah sebagai kota suci).
Menerima ketentuan Allah dari wafatnya Nabi Muhammad ﷺ
Murid dapat menyebutkan salah satu isi khotbah Nabi Muhammad ﷺ pada haji Wada’.
Murid dapat menentukan waktu wafatnya Nabi Muhammad ﷺ.
Murid dapat menyebutkan nama haji yang dikerjakan oleh Nabi Muhammad ﷺ.
Murid dapat menyebutkan surah Al-Qur'an yang berisi tentang Allah yang memberikan pertolongan kepada hamba
Menelaah peristiwa haji wada' dan wafatnya Nabi Muhammad ﷺ.
Murid dapat menyebutkan perkiraan jumlah jemaah haji yang ikut haji Wada’ bersama Nabi Muhammad ﷺ.
Murid dapat menyebutkan sahabat yang diutus Nabi Muhammad ﷺ untuk berdakwah di Yaman.
Murid dapat menjelaskan minimal empat wasiat Nabi Muhammad ﷺ menjelang wafat.







0 komentar:
Posting Komentar