KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2025/2026
KELAS : V (Lima)
MATA PELAJARAN : IPAS
WAKTU : 90 Menit
PENYUSUN SOAL : NITA TRIANA, S.Pd.,Gr
Menganalisis sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan penglihatan.
Murid dapat menjelaskan fenomena pembiasan cahaya (pensil terlihat patah di air).
Murid dapat mengidentifikasi sifat cahaya yang dapat menembus benda bening.
Murid dapat menjelaskan mengapa benda gelap tetap terasa panas (absorpsi energi cahaya).
Murid dapat menyebutkan bagian mata yang berfungsi mengatur intensitas Cahaya
Murid dapat mengidentifikasi gejala rabun dekat (Hipermetropi).
Menganalisis perambatan bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
Murid dapat menyimpulkan arah perambatan bunyi di udara terbuka
Murid dapat menghitung perbandingan frekuensi bunyi ultrasonik kelelawar dengan batas pendengaran manusia.
Murid dapat menyebutkan bagian telinga yang berfungsi menerima getaran suara dari luar.
Murid dapat mendefinisikan sumber bunyi.
Murid dapat menjelaskan urutan bagian mata yang dilalui cahaya hingga seseorang dapat melihat suatu benda, berdasarkan teks bacaan.
Menganalisis komponen biotik (produsen, konsumen, pengurai) dalam ekosistem.
Murid dapat menjelaskan fungsi dari produsen dalam komponen biotik.
Murid dapat memprediksi dampak penurunan populasi tikus terhadap populasi ular (rantai makanan) berdasarkan teks.
Murid dapat mengidentifikasi peran jamur dan cacing tanah dalam ekosistem.
Menganalisis berbagai jenis interaksi dalam ekosistem (kompetisi, simbiosis, predasi)
Murid dapat mengidentifikasi hewan yang terlibat dalam interaksi kompetisi.
Murid dapat menentukan jenis hubungan simbiosis antara kupu-kupu dan bunga.
Murid dapat menentukan urutan rantai makanan yang benar.
Menganalisis dampak perubahan lingkungan terhadap ekosistem.
Murid dapat menganalisis dampak negatif penggunaan pestisida berlebihan pada ekosistem.
Murid dapat menentukan kegiatan yang tepat untuk menjaga ekosistem di lingkungan sekolah.
Murid dapat menganalisis dampak kegagalan panen padi terhadap populasi hewan lain dalam jaring-jaring makanan.
Murid dapat menjelaskan mengapa piramida makanan digambarkan berbentuk mengerucut ke atas.
Menganalisis struktur dan fungsi organ pernapasan pada manusia.
Murid dapat menyebutkan organ yang berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida (paru-paru).
Murid dapat menyebutkan urutan jalannya oksigen saat bernapas.
Murid dapat menyebutkan nama bagian organ pernapasan yang ditunjukkan oleh huruf X pada gambar.
Murid dapat mengidentifikasi proses pernapasan (inspirasi / ekspirasi) berdasarkan gambar (diafragma naik)
Murid dapat menghitung total frekuensi pernapasan dalam waktu 1 jam.
Menganalisis berbagai gangguan pada sistem pernapasan dan cara pencegahannya.
Murid dapat mengidentifikasi infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh Covid-19.
Murid dapat menentukan cara menjaga kesehatan organ pernapasan.
Murid dapat mengidentifikasi gejala penyakit asma.
Murid dapat menjelaskan mengapa frekuensi pernapasan meningkat saat berolahraga berat.
Menganalisis fungsi perubahan energi pada zat gizi.
Murid dapat menyebutkan perubahan energi utama dari makanan menjadi energi saat beraktivitas.
Murid dapat menganalisis dampak kekurangan karbohidrat bagi tubuh.
Murid dapat menyebutkan zat gizi yang berfungsi utama untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.
Murid dapat menyebutkan fungsi utama lemak dalam tubuh.
Menganalisis jenis-jenis vitamin, mineral dan dampak kekurangannya
Murid dapat menyebutkan penyakit yang disebabkan kekurangan Vitamin D.
Murid dapat mengidentifikasi sayuran yang paling banyak mengandung Vitamin C.
Murid dapat menuliskan masing-masing 3 contoh zat gizi mikro dan makro beserta manfaatnya bagi tubuh manusia.
Menganalisis struktur dan fungsi sistem pencernaan manusia.
Murid dapat menyebutkan contoh pencernaan mekanik di lambung.
Murid dapat mengidentifikasi gangguan pencernaan dengan gejala feses cair dan sering.
Murid dapat mengidentifikasi gangguan pencernaan akibat telat makan.
Murid dapat mengisi urutan organ sistem pencernaan dan menjelaskan proses pencernaan makanan.







0 komentar:
Posting Komentar