KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2025/2026
KELAS : III
MATA PELAJARAN : PJOK
WAKTU : 90 Menit
PENYUSUN SOAL : Minia Wety, S.Pd
- Peserta didik dapat menyebutkan dan menjelaskan macam-macam gerak lokomotor dengan benar (berjalan, berlari, melompat)
- Siswa dapat menyebutkan organ tubuh yang kapasitasnya meningkat melalui manfaat berlari.
- Siswa dapat mengidentifikasi teknik langkah kaki yang benar saat berjalan.
- Siswa dapat mengidentifikasi nama gerakan berpindah tempat secara horizontal yang mirip gerakan kanguru.
- Siswa dapat menentukan jenis permainan yang menggunakan kombinasi gerak berjalan, berlari, dan melompat.
- Disajikan cerita tentang jarak jalan, lari, dan lompat, siswa dapat menghitung total jarak tempuh.
- Siswa dapat menjelaskan definisi gerak lokomotor
- Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh gerak lokomotor.
- Peserta didik dapat menjelaskan dan mempraktekkan gerak non lokomotor (memutar, mengayun, dan menekuk).
- Disajikan data frekuensi gerakan per menit, siswa dapat menghitung total gerakan dalam durasi tertentu.
- Siswa dapat mengidentifikasi contoh gerakan menekuk dari opsi yang diberikan.
- Siswa dapat mendefinisikan gerak non-lokomotor (bergerak tanpa berpindah tempat).
- Siswa dapat mengidentifikasi nama gerakan untuk membuat objek mendekati tubuh.
- Disajikan daftar gerakan, siswa dapat mengelompokkan gerakan yang termasuk non-lokomotor (memutar, mengayun).
- Siswa dapat menjelaskan definisi gerak nonlokomotor.
- Peserta didik dapat menyebutkan dan menjelaskan gerak manipulatif (melempar, menendang dan menangkap)
- Siswa dapat mengidentifikasi jenis gerakan yang melibatkan penggunaan anggota badan untuk mengendalikan objek.
- Disajikan daftar gerakan, siswa dapat mengelompokkan gerakan yang termasuk manipulatif (melempar, menendang).
- Disajikan data jarak dua kali tendangan, siswa dapat menghitung total jaraknya.
- Siswa dapat menyebutkan istilah teknis untuk memindahkan bola menggunakan kaki.
- Siswa dapat mengidentifikasi istilah untuk gerakan menahan/menguasai bola.
- Siswa dapat mendefinisikan gerak manipulatif
- Peserta didik dapat menjelaskan dan mempraktekkan aktivitas gerak dominan senam.
- Siswa dapat menentukan aktivitas yang memerlukan keseimbangan dari opsi yang diberikan.
- Disajikan data panjang loncatan dan jumlah pengulangan, siswa dapat menghitung total jarak.
- Siswa dapat mengidentifikasi otot dominan yang harus dilatih untuk menghasilkan loncatan tinggi.
- Siswa dapat menjelaskan posisi kaki yang benar saat berada di udara pada lompat kangkang.
- Siswa dapat mendefinisikan gerak mempertahankan tubuh agar stabil.
- Siswa dapat menuliskan nama alas untuk senam lantai.







0 komentar:
Posting Komentar