Jumat, 28 November 2025

Kelas 3 PJOK (Kisi-Kisi)

 

KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026



KELAS                 : III

MATA PELAJARAN : PJOK

WAKTU         : 90 Menit

PENYUSUN SOAL : Minia Wety, S.Pd



  1. Peserta didik dapat menyebutkan dan menjelaskan macam-macam gerak lokomotor dengan benar (berjalan, berlari, melompat)
  2. Siswa dapat menyebutkan organ tubuh yang kapasitasnya meningkat melalui manfaat berlari.
  3. Siswa dapat mengidentifikasi teknik langkah kaki yang benar saat berjalan.
  4. Siswa dapat mengidentifikasi nama gerakan berpindah tempat secara horizontal yang mirip gerakan kanguru.
  5. Siswa dapat menentukan jenis permainan yang menggunakan kombinasi gerak berjalan, berlari, dan melompat.
  6. Disajikan cerita tentang jarak jalan, lari, dan lompat, siswa dapat menghitung total jarak tempuh.
  7. Siswa dapat menjelaskan definisi gerak lokomotor
  8. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh gerak lokomotor.
  9. Peserta didik dapat menjelaskan dan mempraktekkan gerak non lokomotor (memutar, mengayun, dan menekuk).
  10. Disajikan data frekuensi gerakan per menit, siswa dapat menghitung total gerakan dalam durasi tertentu.
  11. Siswa dapat mengidentifikasi contoh gerakan menekuk dari opsi yang diberikan.
  12. Siswa dapat mendefinisikan gerak non-lokomotor (bergerak tanpa berpindah tempat).
  13. Siswa dapat mengidentifikasi nama gerakan untuk membuat objek mendekati tubuh.
  14. Disajikan daftar gerakan, siswa dapat mengelompokkan gerakan yang termasuk non-lokomotor (memutar, mengayun).
  15. Siswa dapat menjelaskan definisi gerak nonlokomotor.
  16. Peserta didik dapat menyebutkan dan menjelaskan gerak manipulatif (melempar, menendang dan menangkap)
  17. Siswa dapat mengidentifikasi jenis gerakan yang melibatkan penggunaan anggota badan untuk mengendalikan objek.
  18. Disajikan daftar gerakan, siswa dapat mengelompokkan gerakan yang termasuk manipulatif (melempar, menendang).
  19. Disajikan data jarak dua kali tendangan, siswa dapat menghitung total jaraknya.
  20. Siswa dapat menyebutkan istilah teknis untuk memindahkan bola menggunakan kaki.
  21. Siswa dapat mengidentifikasi istilah untuk gerakan menahan/menguasai bola.
  22. Siswa dapat mendefinisikan gerak manipulatif
  23. Peserta didik dapat menjelaskan dan mempraktekkan aktivitas gerak dominan senam.
  24. Siswa dapat menentukan aktivitas yang memerlukan keseimbangan dari opsi yang diberikan.
  25. Disajikan data panjang loncatan dan jumlah pengulangan, siswa dapat menghitung total jarak.
  26. Siswa dapat mengidentifikasi otot dominan yang harus dilatih untuk menghasilkan loncatan tinggi.
  27. Siswa dapat menjelaskan posisi kaki yang benar saat berada di udara pada lompat kangkang.
  28. Siswa dapat mendefinisikan gerak mempertahankan tubuh agar stabil.
  29. Siswa dapat menuliskan nama alas untuk senam lantai.


0 komentar:

Posting Komentar