KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2025/2026
KELAS : V (LIMA) MATA PELAJARAN : PANCASILA WAKTU : 90 MENIT PENYUSUN SOAL : M. RAFI ABDI CAHYA, S.T
|
Menjelaskan sejarah lahirnya pancasila
|
Murid dapat mengidentifikasi sidang pertama perumusan Pancasila.
|
Murid dapat menjelaskan tanggal sidang pertama BPUPK.
|
Murid dapat menganalisis tugas PPKI pasca pembentukan.
|
Murid dapat menghitung jumlah hari sidang BPUPKI pertama.
|
Murid dapat dapat menganalisis tokoh pertama pengusul dasar negara
|
Murid dapat menentukan tanggal lahir Pancasila. Murid dapat mengidentifikasi jumlah anggota panitia Piagam Jakarta Murid dapat menganalisis kepanjangan BPUPKI dalam bahasa Jepang Murid dapat menilai tugas utama PPKI Murid dapat menguraikan usulan dasar Negara Mohammad Yamin
|
Meneladani sikap-sikap perumus pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
Murid dapat menilai sikap keteladanan Ir. Soekarno.
|
Murid dapat menganalisis sikap para perumus dalam berdiskusi.
|
Murid dapat mengidentifikasi keteladanan KH. Wahid Hasyim
|
Murid dapat dapat menentukan tokoh pencetus istilah Pancasila.
|
Murid dapat menjelaskan tanggal pidato lahirnya Pancasila.
|
Murid dapat menganalisis peran pidato Ir. Soekarno dalam sejarah. Murid dapat menilai perilaku sesuai simbol sila ketiga. Murid dapat menilai sikap kepedulian sosial. Murid dapat memberikan contoh perilaku sila pertama di sekolah. Murid dapat menjelaskan alasan Pancasila disebut pedoman hidup
|
Memahami bentuk –bentuk norma dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga dan warga sekolah di sekitar
|
Murid dapat menganalisis perilaku diskriminatif dalam kerja kelompok.
|
Murid dapat mengidentifikasi jenis norma yang dilanggar Qhairy
|
Murid dapat menjelaskan kewajiban mematuhi norma agama.
|
Murid dapat mengidentifikasi norma pada gambar Murid dapat menilai penerapan norma dalam keluarga. Murid dapat menentukan contoh norma yang berlaku di rumah. Murid dapat menganalisis norma kesopanan di sekolah. Murid dapat menilai tindakan sesuai norma kesopanan Murid dapat menganalisis sikap dalam menghargai budaya lain. Murid dapat menentukan sila terkait perilaku menghormati agama lain Murid dapat menilai manfaat hidup rukun di sekolah. Murid dapat menganalisis konflik antara ibadah dan tugas sekolah.
|
kreatif dalam memaparkan ide dalam membiasakan perilaku taat terhadap norma yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
|
Murid dapat menjelaskan manfaat mematuhi aturan lalu lintas.
|
Murid dapat menilai akibat perilaku menyontek.
|
Murid dapat mengidentifikasi perilaku yang tidak menghormati orang tua.
|
Murid dapat menentukan kewajiban siswa di sekolah.
|
Murid dapat dapat menganalisis peran warga dalam menjaga kerukunan.
|
Murid dapat dapat menilai sikap taat norma dan peduli lingkungan. Murid dapat merancang ide kreatif mengajak teman menaati norma. Murid dapat menjelaskan dampak jika masyarakat tidak menaati norma.
|
|
0 komentar:
Posting Komentar