Jumat, 28 November 2025

Kelas 4 Pancasila (Kisi-Kisi)


 


KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026


KELAS                 : IV (EMPAT)

MATA PELAJARAN                 : PANCASILA

WAKTU                 : 90 MENIT

PENYUSUN SOAL         : NETTI OKFITA S.P.,Gr.


Mengenal keberagaman identitas di masyarakat

• Peserta didik mengidentifikasi keberagaman rumah adat daerah

• Peserta didik dapat menjelaskan makna dari keberagaman suku bangsa

• Peserta didik dapat mengidentifikasi khas pakaian adat berbagai suku bangsa

Hidup rukun dalam keberagaman di sekitar tempat tinggal

• Peserta didik mengetahui pengertian etnosentrisme

• Peserta  didik dapat menyebutkan keberagaman beragama merupakan pencerminan  sikap yang sesuai dengan sila keberapa  Pancasila

• Peserta didik dapat menjelaskan bentuk toleransi keberagaman dalam beragama

• Peserta didik dapat menentukan yang bukan tujuan toleransi kebetagaman suku bangsa

• Peserta didik dapat menjelaskan tujuan toleransi keberagaman suku bangsa dalam masyarakat

Menghormati dan melestarikan keberagaman di masyarakat

• Peserta didik dapat menjelaskan sikap yang dilakukan untuk  melestarikan keberagaman suku bangsa

• Peserta didik merinci nama gambar dari rumah adat, nama suku, dan makanan khas tradisional

• Peserta didik dapat menjelaskan cara melestarikan keberagaman bahasa daerah

• Peserta didik dapat menjelaskan sikap yang dilakukan dalam  melestarikan kebudayaan daerah sewaktu perayaan hari kemerdekaan.

Penyelenggara pemerinyahan desa dan kelurahan

• Peserta didik dapat menyebutkan kepala pemerintahan yang ditunjuk oleh Bupati/Walikota

• Peserta didik dapat menjelaskan manfaat dari program pipanisasi air bersih bagi masyarakat desa

• Peserta didik dapat menyebutkan Lembaga penyelenggara Kesehatan masyarakat Desa 

• Peserta didik menjelaskan tugas dari Kepala Desa

Berkreativitas dapat memperkenalkan  lingkungan tempat tinggal

• Peserta didik dapat menjelaskan manfaat hutan bagi makhluk hidup

• Peserta didik dapat menjelaskan arti dari reboisasi

• Peserta didik mengetahui kegiatan yang dapat merusak lingkungan sungai

Aturan di lingkungan keluarga dan masyarakat

• Peserta didik dapat  mengidentifikasi aturan di rumah yang berhubungan dengan sikap jujur, sopan dan saling 

  menghormati

• Peserta didik dapat menentukan aturan yang harus dilakukan di rumah

• Peserta didik dapat menjelaskan 3 contoh aturan di rumah

• Peserta didik menjelaskan manfaat aturan di sekolah

• Peserta didik dapat menjelaskan sanksi yang diberikan kepada murid  apabila melanggar aturan sekolah

Mengumpulkan informasi tentang aturan di lingkungan masyarakat

• Peserta didik dapat menjelaskan tujuan pemerintah membuat aturan dalam lingkungan masyarakat

• Peserta didik dapat mengetahui tindakan apa yang dilakukan kepada seseorang ketika melanggar aturan yang ada di lingkungan masyarakat

• Peserta didik dapat menyebutkan 3 bentuk peraturan tertulis di negara Indonesia

• Peserta didik dapat menjelaskan contoh norma dalam lingkungan masyarakat

Berpartisipasi dalam menghargai perbedaan yang ada dalam aturan

• Peserta didik mengetahui yang membuat aturan lalu lintas di jalan raya

• Peserta didik dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan aturan lalu lintas yang  bersifat tegas dan memaksa

• Peserta didik mengetahui sikap dalam melaksanakan aturan yang telah ditetapkan 

• Peserta didik dapat menjelaskan arti dari hak universal

Menjelaskan perbedaan hak dan kewajiban

• Peserta didik dapat megidentifikasi hak anak yang terkait dengan Kesehatan

• Peserta didik dapat menyebutkan hak dalam berdiskusi

• Peserta didik mengetahui manfaat melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang

Dapat berdiskusi terkait hak dan kewajiban

• Peserta didik menjelaskan contoh kewajiban di sekolah dalam menjaga ketertiban

• Peserta didik mengetahui aturan disiplin waktu jam istirahat

• Peserta didik menjelaskan 3 contoh kewajiban di lingkungan masyarakat  


0 komentar:

Posting Komentar