KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2025/2026
KELAS : IV (EMPAT)
MATA PELAJARAN : PANCASILA
WAKTU : 90 MENIT
PENYUSUN SOAL : NETTI OKFITA S.P.,Gr.
Mengenal keberagaman identitas di masyarakat
• Peserta didik mengidentifikasi keberagaman rumah adat daerah
• Peserta didik dapat menjelaskan makna dari keberagaman suku bangsa
• Peserta didik dapat mengidentifikasi khas pakaian adat berbagai suku bangsa
Hidup rukun dalam keberagaman di sekitar tempat tinggal
• Peserta didik mengetahui pengertian etnosentrisme
• Peserta didik dapat menyebutkan keberagaman beragama merupakan pencerminan sikap yang sesuai dengan sila keberapa Pancasila
• Peserta didik dapat menjelaskan bentuk toleransi keberagaman dalam beragama
• Peserta didik dapat menentukan yang bukan tujuan toleransi kebetagaman suku bangsa
• Peserta didik dapat menjelaskan tujuan toleransi keberagaman suku bangsa dalam masyarakat
Menghormati dan melestarikan keberagaman di masyarakat
• Peserta didik dapat menjelaskan sikap yang dilakukan untuk melestarikan keberagaman suku bangsa
• Peserta didik merinci nama gambar dari rumah adat, nama suku, dan makanan khas tradisional
• Peserta didik dapat menjelaskan cara melestarikan keberagaman bahasa daerah
• Peserta didik dapat menjelaskan sikap yang dilakukan dalam melestarikan kebudayaan daerah sewaktu perayaan hari kemerdekaan.
Penyelenggara pemerinyahan desa dan kelurahan
• Peserta didik dapat menyebutkan kepala pemerintahan yang ditunjuk oleh Bupati/Walikota
• Peserta didik dapat menjelaskan manfaat dari program pipanisasi air bersih bagi masyarakat desa
• Peserta didik dapat menyebutkan Lembaga penyelenggara Kesehatan masyarakat Desa
• Peserta didik menjelaskan tugas dari Kepala Desa
Berkreativitas dapat memperkenalkan lingkungan tempat tinggal
• Peserta didik dapat menjelaskan manfaat hutan bagi makhluk hidup
• Peserta didik dapat menjelaskan arti dari reboisasi
• Peserta didik mengetahui kegiatan yang dapat merusak lingkungan sungai
Aturan di lingkungan keluarga dan masyarakat
• Peserta didik dapat mengidentifikasi aturan di rumah yang berhubungan dengan sikap jujur, sopan dan saling
menghormati
• Peserta didik dapat menentukan aturan yang harus dilakukan di rumah
• Peserta didik dapat menjelaskan 3 contoh aturan di rumah
• Peserta didik menjelaskan manfaat aturan di sekolah
• Peserta didik dapat menjelaskan sanksi yang diberikan kepada murid apabila melanggar aturan sekolah
Mengumpulkan informasi tentang aturan di lingkungan masyarakat
• Peserta didik dapat menjelaskan tujuan pemerintah membuat aturan dalam lingkungan masyarakat
• Peserta didik dapat mengetahui tindakan apa yang dilakukan kepada seseorang ketika melanggar aturan yang ada di lingkungan masyarakat
• Peserta didik dapat menyebutkan 3 bentuk peraturan tertulis di negara Indonesia
• Peserta didik dapat menjelaskan contoh norma dalam lingkungan masyarakat
Berpartisipasi dalam menghargai perbedaan yang ada dalam aturan
• Peserta didik mengetahui yang membuat aturan lalu lintas di jalan raya
• Peserta didik dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan aturan lalu lintas yang bersifat tegas dan memaksa
• Peserta didik mengetahui sikap dalam melaksanakan aturan yang telah ditetapkan
• Peserta didik dapat menjelaskan arti dari hak universal
Menjelaskan perbedaan hak dan kewajiban
• Peserta didik dapat megidentifikasi hak anak yang terkait dengan Kesehatan
• Peserta didik dapat menyebutkan hak dalam berdiskusi
• Peserta didik mengetahui manfaat melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang
Dapat berdiskusi terkait hak dan kewajiban
• Peserta didik menjelaskan contoh kewajiban di sekolah dalam menjaga ketertiban
• Peserta didik mengetahui aturan disiplin waktu jam istirahat
• Peserta didik menjelaskan 3 contoh kewajiban di lingkungan masyarakat







0 komentar:
Posting Komentar