Jumat, 28 November 2025

Kelas 2 Fikih Ibadah (Kisi-Kisi)

 

KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026


KELAS          : I

MATA PELAJARAN : FIQIH IBADAH

WAKTU                 : 90 Menit

PENYUSUN SOAL         : ROBIATUL ADWIYAH, S.Ag


A. menelaah azan dan iqomah 

1. Peserta didik dapat mengetahui pengertian azan. 

2. Peserta didik dapat mengetahui pengertian iqomah.

3. Peserta didik dapat mengetahui tahun disyariatkannya azan.

 Peserta didik dapat mengetahui siapa yang menentukan lafadz azan dan iqomah.

B. menelaah lafaz azan dan iqomah (4-5)

1. Peserta didik dapat mengetahui siapa yang menentukan lafadz azan dan iqomah.

2. Peserta didik dapat mengetahui tambahan lafadz pada azan subuh.

C. menelaah menjawab seruan azan dan iqomah (6-7)

1. Peserta didik dapat mengetahui sunnah menjawab azan. 

2. Peserta didik dapat mengetahui jawaban dari kalimat takbir pada azan.

D. menelaah pentingnya salat

1. Peserta didik dapat mengetahui pesan terakhir Rasulullah adalah salat.

2. Peserta didik dapat mengetahui lima salat fardu.  

E. menelaah salat Subuh

1. Peserta didik dapat mengetahui salat yang dikerjakan pada waktu pagi adalah salat subuh. 

2. Peserta didik dapat mengetahui salat subuh dikrjakan tanpa tahiyatul awal.

3. Peserta didik dapat menngetahui keutamaan salat subuh. 

F. menelaah salat Zuhur 

1. Peserta didik dapat mengetaui salat yang dikerjakan siang hari adalah salat  Zuhur.

2. Peserta didik dapat mengetahui keutamaan salat Zuhur dapat mengugurkan dosa.

3. Peserta didik dapat mengetahui salat Zuhur dikerjakan dari matahari tergelincir kearah barat sampai bayangan sama panjang dengan bentuk aslinya.

G. menelaah salat Asar 

1. Peserta didik dapat mengetahui salat yang dikerjakan sore hari salar asar.

2. Peserta didik dapat mengetahui salat Asar dikerjakan ketika matahari bergerak kearah barat. 

H. menelaah salat Maghrib 

1. Peserta didik dapat mengetahui solat yang dikerjakan pada waktu petang hari ialah salat Maghrib.

2. Peserta didik dapat mengetahui jumlah rakaat salat maghrib.

I. menelaah salat Isya

 1. Peserta didik dapat mengetahuI salat yang dikerjakan pada waktu malam ialah salat  Isya.

2. Peserta didik dapat mengetahui keutamaan salat Isya ialah sebagai pembeda antara orang yang beriman dan orang munafik. 

J. menelaah syarat sah salat 

1. Peserta didik dapat mengetahui pengertian syarat sah salat. 

2. Peserta didik dapat mengetahui apa saja yang termasuk syarat sah salat

K. menelaah menutup aurat

1. Peserta didik dapat mengetahui pengertian aurat.

2. Peserta didik dapat mengetahui siapa saja mahramnya

L. rukun salat

1. Peserta didik dapat mengetahui pengetian rukun salat.

2. Peserta didik dapat menyebutkan beberapa rukun salat. 

M. menelaah wajib salat

1. Peserta didik dapat mengetahui pengertian duduk intiqal.

2. Peserta didik dapat mengetahui salah satu wajib salat takbir intiqal. 

N. menelaah sunnah salat

1. Peserta didik dapat mengetahui salah satu dari bagian sunnah sunnah salat.



 


0 komentar:

Posting Komentar