Jumat, 28 November 2025

Kelas 3 Matematika (Kisi-Kisi)




KISI-KISI PENYUSUN SOAL
PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAAN 2025/2026

KELAS                 : III
MATA PELAJAARAN         : MATEMATIKA
WAKTU                 : 90 MENIT 
PENYUSUN SOAL      : VALDA KHAIRUNNISA, S.Pd

  1. Peserta didik dapat membaca dan menulis bilangan cacah sampai 1.000.
  2. Peserta didik dapat menuliskan lambang bilangan sesuai dengan cerita yang disebutkan
  3. Peserta didik dapat menuliskan lambang bilangan yang sesuai dari nama bilangan yang disebutkan
  4. Peserta didik dapat menuliskan nama bilangan dari lambang bilangan yang diberikan
  5. Peserta didik dapat menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 1.000
  6. Peserta didik dapat menentukan nilai tempat suatu angka pada bilangan 
  7. Peserta didik dapat menguraikan bilangan berdasarkan nilai tempatnya
  8. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 1.000.
  9. Peserta didik dapat membandingkan tiga bilangan untuk menentukan yang paling besar atau paling banyak
  10. Peserta didik dapat membandingkan dua bilangan menggunakan simbol perbandingan (>, <, = )  
  11. Peserta didik dapat mengurutkan tiga bilangan menu makanan
  12. Peserta didik dapat melakukan penjumlahan bilangan cacah sampai 100
  13. Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita penjumlahan bilangan dua 
  14. Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita penjumlahan bilangan dua angka  mengenai pohon di kebu
  15. Peserta didik dapat menghitung jumlah total dari tiga bilangan kue
  16. Peserta didik dapat melakukan pengurangan bilangan cacah sampai 100
  17. Peserta didik menyelesaikan soal cerita pengurangan bilangan dua angka 
  18. Peserta didik menyelesaikan soal cerita pengurangan bilangan dua angka 
  19. Peserta didik menyelesaikan operasi pengurangan bersusun bilangan dua angka
  20. Peserta didik dapat melakukan operasi perkalian bilangan cacah sampai 100
  21. Peserta didik Peserta didik dapat menyelesaikan perkalian menggunakan gambar cake sebagai penjumlahan berulang 
  22. Peserta didik menyelesaikan soal perkalian menggunakan gambar kue maccaron sebagai penjumlahan berulang
  23. Peserta didik menuliskan bentuk penjumlahan berulang dan perkalian dari suatu gambar
  24. Peserta didi dapat melakukan operasi pembagian bilangan cacah sampai 100.
  25. Peserta didik menyelesaikan soal pembagian sebagai operasi kebalikan perkalian
  26. Peserta didik menyelesaikan soal pembagian 
  27. Peserta didik menyelesaikan soal cerita pembagian
  28. Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan terkait kalimat matematika penjumlahan.
  29. Peserta didik menyelesaikan soal cerita penjumlahan yang diketahui hasilnya 
  30. Peserta didik menyelesaikan soal cerita penjumlahan yang diketahui hasilnya
  31. Peserta didik menyelesaikan soal cerita penjumlahan yang diketahui hasilnya
  32. Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan terkait kalimat matematika pengurangan.
  33. Peserta didik menyelesaikan soal cerita pengurangan yang diketahui sisanya 
  34. Peserta didik menyelesaikan soal cerita pengurangan yang diketahui sisa pengurangannya
  35. Peserta didik dapat melakukan pengukuran dan mengetahui hubungan antarsatuan  panjang dengan satuan baku.
  36. Peserta didik menentukan alat ukur panjang yang biasa digunakan oleh tukang bangunan.
  37. Peserta didik membaca hasil pengukuran panjang suatu benda dengan penggaris.
  38. Peserta didik menentukan kesetaraan satuan panjang dengan tepat
  39. Peserta didik dapat melakukan pengukuran dan mengetahui hubungan antarsatuan  berat dengan satuan baku.
  40. Peserta didik menentukan alat ukur berat yang digunakan untuk mengukur tanah.
  41. Peserta didik membaca hasil pengukuran berat dengan timbangan
  42. Peserta didik menentukan kesetaraan satuan berat dengan tepat

0 komentar:

Posting Komentar