KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2025/2026
KELAS : I
MATA PELAJARAN. : PJOK
WAKTU : 90 Menit
PENYUSUN SOAL : Minia Wety, S.Pd
A. Peserta didik dapat mempraktekkan pola gerak dasar lokomotor (berjalan, berlari dan melompat)
- Siswa dapat mengidentifikasi gerakan awalan sebelum melakukan loncatan.
- Siswa dapat memahami ciri utama yang membedakan lari dengan jalan (adanya fase melayang).
- Siswa dapat membandingkan kecepatan antara berlari dan berjalan.
- Siswa dapat mengingat definisi/tanda utama dari gerak dasar lokomotor.
- Disajikan cerita, siswa dapat menghitung total jarak lari (penerapan matematika sederhana).
- Siswa dapat menyebutkan jumlah tumpuan kaki pada gerakan melompat.
- Siswa dapat menyebutkan jumlah tumpuan kaki pada gerakan meloncat (seperti katak).
- Disajikan cerita gerak maju-mundur, siswa dapat menghitung total jarak yang ditempuh.
- Disajikan tabel, siswa dapat menganalisis gerakan yang bukan termasuk lokomotor.
- Disajikan tabel, siswa dapat menganalisis gerakan yang termasuk lokomotor.
B. Peserta didik dapat mempraktekkan pola gerak dasar non lokomotor (memutar, mengayun dan membungkuk)
- Siswa dapat menentukan gerakan lengan persiapan sebelum memukul.
- Siswa dapat mengidentifikasi unsur gerak dasar (ayunan) pada aktivitas melempar bola bawah.
- Siswa dapat menyebutkan fungsi alat fleksometer (pengukur kelenturan).
- Siswa dapat mengidentifikasi nama sikap tubuh saat meraih kaki dengan tangan sambil duduk.
- Siswa dapat mengasosiasikan gerakan alam (pohon tertiup angin) dengan gerak tubuh.
- Siswa dapat menyebutkan arah orientasi gerakan memutar badan.
- Siswa dapat mengidentifikasi bentuk sudut kaki pada saat gerakan menekuk.
- Disajikan tabel, siswa dapat memilih aktivitas yang termasuk gerak nonlokomotor.
- Disajikan tabel, siswa dapat memilih aktivitas yang bukan gerak nonlokomotor.
C. Peserta didik dapat mempraktekkan pola gerak dasar manipulatif (melempar, menangkap, memukul, dan menendang bola)
- Siswa dapat menentukan teknik tangan agar lemparan bola basket menjadi jauh.
- Siswa dapat mendefinisikan gerak yang menggunakan alat bantu.
- Siswa dapat menyebutkan anggota tubuh dominan untuk menendang.
- Siswa dapat menjelaskan makna dari gerak menangkap bola.
- Disajikan tabel, siswa dapat mengelompokkan aktivitas gerak manipulatif.
- Disajikan tabel, siswa dapat mengidentifikasi aktivitas yang bukan gerak manipulatif.







0 komentar:
Posting Komentar