Kamis, 27 November 2025

KELAS 1 PJOK (Kisi-Kisi)






KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2025/2026

KELAS : I
MATA PELAJARAN.    : PJOK
WAKTU : 90 Menit
PENYUSUN SOAL : Minia Wety, S.Pd

A. Peserta didik dapat mempraktekkan pola gerak dasar lokomotor (berjalan, berlari dan melompat)
  1. Siswa dapat mengidentifikasi gerakan awalan sebelum melakukan loncatan. 
  2. Siswa dapat memahami ciri utama yang membedakan lari dengan jalan (adanya fase melayang). 
  3. Siswa dapat membandingkan kecepatan antara berlari dan berjalan.
  4. Siswa dapat mengingat definisi/tanda utama dari gerak dasar lokomotor. 
  5. Disajikan cerita, siswa dapat menghitung total jarak lari (penerapan matematika sederhana).
  6. Siswa dapat menyebutkan jumlah tumpuan kaki pada gerakan melompat.
  7. Siswa dapat menyebutkan jumlah tumpuan kaki pada gerakan meloncat (seperti katak).
  8. Disajikan cerita gerak maju-mundur, siswa dapat menghitung total jarak yang ditempuh.
  9. Disajikan tabel, siswa dapat menganalisis gerakan yang bukan termasuk lokomotor.
  10. Disajikan tabel, siswa dapat menganalisis gerakan yang termasuk lokomotor.
B. Peserta didik dapat mempraktekkan pola gerak dasar non lokomotor (memutar, mengayun dan membungkuk)
  1. Siswa dapat menentukan gerakan lengan persiapan sebelum memukul. 
  2. Siswa dapat mengidentifikasi unsur gerak dasar (ayunan) pada aktivitas melempar bola bawah. 
  3. Siswa dapat menyebutkan fungsi alat fleksometer (pengukur kelenturan). 
  4. Siswa dapat mengidentifikasi nama sikap tubuh saat meraih kaki dengan tangan sambil duduk. 
  5. Siswa dapat mengasosiasikan gerakan alam (pohon tertiup angin) dengan gerak tubuh. 
  6. Siswa dapat menyebutkan arah orientasi gerakan memutar badan. 
  7. Siswa dapat mengidentifikasi bentuk sudut kaki pada saat gerakan menekuk. 
  8. Disajikan tabel, siswa dapat memilih aktivitas yang termasuk gerak nonlokomotor. 
  9. Disajikan tabel, siswa dapat memilih aktivitas yang bukan gerak nonlokomotor.
C. Peserta didik dapat mempraktekkan pola gerak dasar manipulatif (melempar, menangkap, memukul, dan menendang bola)
  1. Siswa dapat menentukan teknik tangan agar lemparan bola basket menjadi jauh. 
  2. Siswa dapat mendefinisikan gerak yang menggunakan alat bantu.
  3. Siswa dapat menyebutkan anggota tubuh dominan untuk menendang.
  4. Siswa dapat menjelaskan makna dari gerak menangkap bola.
  5. Disajikan tabel, siswa dapat mengelompokkan aktivitas gerak manipulatif.
  6. Disajikan tabel, siswa dapat mengidentifikasi aktivitas yang bukan gerak manipulatif.



0 komentar:

Posting Komentar