KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN AKHIR SEMESTER
SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2025/2026
KELAS : III (Tiga)
MATA PELAJARAN : Sejarah Kebudayaan Islam
WAKTU : 60 menit
PENYUSUN SOAL : Nur Lina S.Pd
1. Siswa dapat memahami arti kata Arab
2. Siswa dapat memahami keturunan dari penduduk Mekah
3. Siswa dapat memahami sejarah kota Mekah sebelum Nabi Muhammad Hijrah ke kota Mekah
4. Siswa dapat mengetahui wilayah yang paling luas di negara-negara di Jazirah Arab diera moderen
5. Siswa dapat menetahui bendungan yang terletak di Yaman
6. Siswa dapat mengetahui tempat-tempat bersejarah di kota Madinah
7. Siswa dapat mengetahui gunung yang berada di kota Tihamah
8. Siswa dapat mengetahui letak banguanan ka’bah
9. Siswa dapat mengetahui negara yang terkenal di Jazirah Arab
10. Siswa dapat mengetahui wilayah yang bebatasan dengan Tihamah
11. Siswa dapat mengetahui sebutan bagi ras masyarakat Arab yang berasal dari Keturunan Nabi Ismail
12. Siswa dapat mengetahui zaman yang penuh dengan kezaliman
13. Siswa mengetahui bani yang berasal dari keturunan Ya’rub bin Yasjub bin Qahtan
14. Siswa dapat mengetahui alat transportasi masyarakat arab zaman dahulu
15. Siswa dapat mengetahui bahwa minum minuman keras,perjudiaan dan perzinaan merupakan kezaliman kepada
siapa
16. Siswa dapat mengetahui seorang suku Quraisy yang membuat bangsa Arab belahan meninggalakan agama tauhid
17. Siswa dapat mengetahui perbuatan syirik masyarakat Arab sebelum Islam dengan meramal nasib buruk
melaluisesuatu yang dilihat dan di dengar
18. Siswa dapat mengetahui musim yang digunakan oleh kafilah penduduk Mekah untuk berdagang ke negri Syam
19. Siswa dapat mengetahui mengapa masyarakat Jahiliah menolah bayi perempuan
20. Siswa dapat mengetahui utusan yang dikirim untuk menghancurkan berhala Uzza di tasrif dan menebang pohon
yang diangap suci oleh masyarakat Arab Jahiliah
21. Siswa dapat mengetahui di mana Nabi Muhammad dilahirkan
22. Siswa dapat mengetahui surat yang megabadikan kisah pasukan Abrahah dilempari batu-batu panas dari api
nerak oleh burun-burung yang dikirim Allah
23. Siswa dapat mengetahui nama ayah Nabi Muhammad
24. Siswa dapat mengetahui seorang ibu yang menyusui Nabi Muhammad waktu masih bayi
25. Siswa dapat mengetahui usia Nabi Muhammad saat ibunya meninggal
26. Siswa dapat mengetahui siapa yang mengasuh Nabi Muhammad setelah kakenya meninggal
27. Siswa dapat mengetahui istri pertama Nabi Muhammad
28. Siswa dapat mengetahui kegiatan Nabi Muhammad saat remaja
29. Siswa dapat mengetahui asal dari batu Hajar Aswad
30. Siswa dapat mengetahui gelar yang diberikan oleh masyarakat Mekah kepada Nabi Muhammad
31. Siswa dapat mengetahui dari mana asal suku Khadijah
32. Siswa dapat mengetahui mengapa Hajar Aswad dari putih berubah menjadi hitam
33. Siswa dapat mengetahui mengapa Hajar Aswad diletakan di pojokan Ka’bah dan kegunaannya
34. Siswa dapat mengetahui usia Nabi Muhammad saat ikut pada sebuah peperangan antara suku Hawazin dengan
suku Quraisy
35. Siswa dapat menetahui perjanjian perdamaian antara suku yang disebut dengan Hiful Fudul







0 komentar:
Posting Komentar