KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2025/2026
Kelas : II
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Waktu : 90 Menit
Penyusun Soal : Piqih Anggraini, S.Pd
A. Murid dapat menemukenali berbagai ekspresi tentang perasaan pada sebuah cerita dan melengkapi sebuah kalimat pada cerita.
- Disajikan cerita singkat, murid dapat mengidentifikasi ekspresi wajah yang menunjukkan perasaan senang.
- Disajikan cerita singkat, murid dapat menentukan jenis ungkapan dari sebuah potongan percakapan cerita.
- Disajikan cerita singkat, murid dapat menyebutkan nama tokoh yang megucapkan kata selamat.
- Disajikan kalimat singkat, murid dapat melengkapi kalimat yang berhubungan dengan ungkapan perasaan.
- Disajikan kalimat singkat, murid dapat melengkapi kalimat yang berhubungan dengan ungkapan perasaan.
B. Murid dapat menemu kenali berbagai ekspresi tentang perasaan dalam gambar.
- Disajikan gambar, murid dapat mengidentifikasi gambar ekspresi wajah ketakutan.
- Murid dapat mengidentifikasi suasana hati berdasarkan gambar ekspresi wajah.
- Murid dapat mengidentifikasi suasana hati berdasarkan gambar ekspresi wajah.
- Disajikan gambar, murid dapat mengidentifikasi suasana hati berdasarkan gambar ekspresi wajah.
C. Murid dapat menemukan kalimat yang menggunakan huruf kapital pada awal kalimat dan unsur nama orang.
- Murid dapat menentukan penulisan huruf kapital yang benar pada awal kalimat dan nama diri.
- Murid dapat menentukan penulisan kalimat tanya atau perintah yang tepat berdasarkan penggunaan huruf kapital.
- Disajikan kalimat singkat, Murid dapat menentukan penulisan huruf kapital dengan tepat.
- Murid dapat menentukan kalimat yang menggunakan huruf kapital dengan tepat.
- Murid dapat menggunakan huruf kapital pada nama orang dengan tepat.
D. Murid dapat menemukan informasi dari grafik.
- Disajikan cerita singkat dan grafik, murid dapat menghitung jumlah jenis olahraga yang disebutkan dalam teks.
- Disajikan cerita singkat, murid dapat menyebutkan jenis olahraga kesukaan Khalif berdasarkan teks.
- Disajikan gambar grafik, murid dapat menentukan olahraga yang paling sedikit yang disukai.
- Murid dapat menentukan jumlah orang yang menyukai olahraga bersepeda berdasarkan grafik.
- Murid dapat menentukan jenis olahraga yang disukai oleh tujuh orang berdasarkan grafik.
E. Murid dapat menjelaskan bagian atau struktur (awal, tengah, akhir) pada kalimat cerita secara mandiri
- Disajikan kalimat singkat, murid dapat menentukan letak Subjek (S) dalam sebuah kalimat.
- Disajikan kalimat singkat, murid dapat menentukan letak Predikat (P) dalam sebuah kalimat.
- Disajikan kalimat singkat, murid dapat menentukan dan menuliskan letak Predikat (P) dalam sebuah kalimat.
F. Murid dapat menemukan informasi dalam sebuah bacaan dan gambar.
- Disajikan cerita singkat dan gambar, murid dapat mengidentifikasi ciri rumah bersih dan sehat berdasarkan teks.
- Murid dapat mengidentifikasi perbedaan kegemaran yang ditunjukkan oleh gambar.
G. Murid dapat menemukan informasi penting dalam teks bacaan dan tanda rambu-rambu.
- Disajikan cerita singkat, murid dapat mengartikan rambu larangan yang ditunjukkan pada gambar.
- Disajikan gambar, murid dapat mengidentifikasi gambar rambu peringatan.
- Disajikan gambar, murid dapat menyebutkan jumlah warna rambu lampu pengatur lalu lintas dengan benar.
H. Murid dapat menjelaskan Silsilah keluarga pada keluarga inti.
- Disajikan gambar silsilah keluarga inti, murid dapat menyebutkan nama kepala keluarga berdasarkan bagan silsilah.
- Murid dapat menyebutkan nama Ibu berdasarkan bagan silsilah.
- Murid dapat menyebutkan nama anak-anak berdasarkan bagan silsilah.







0 komentar:
Posting Komentar