Jumat, 28 November 2025

Kelas 2 Bahasa Indonesia (Kisi-Kisi)


KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026



Kelas                        : II

Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia

Waktu                       : 90 Menit

Penyusun Soal         : Piqih Anggraini, S.Pd



A. Murid dapat menemukenali berbagai ekspresi tentang perasaan pada sebuah cerita dan melengkapi sebuah kalimat pada cerita.

  1. Disajikan cerita singkat, murid dapat mengidentifikasi ekspresi wajah yang menunjukkan perasaan senang.
  2. Disajikan cerita singkat, murid dapat menentukan jenis ungkapan dari sebuah potongan percakapan cerita.
  3. Disajikan cerita singkat, murid dapat menyebutkan nama tokoh yang megucapkan kata selamat.
  4. Disajikan kalimat singkat, murid dapat melengkapi kalimat yang berhubungan dengan ungkapan perasaan.
  5. Disajikan kalimat singkat, murid dapat melengkapi kalimat yang berhubungan dengan ungkapan perasaan.


B. Murid dapat menemu kenali berbagai ekspresi tentang perasaan dalam gambar.

  1. Disajikan gambar, murid dapat mengidentifikasi gambar ekspresi wajah ketakutan.
  2. Murid dapat mengidentifikasi suasana hati berdasarkan gambar ekspresi wajah.
  3. Murid dapat mengidentifikasi suasana hati berdasarkan gambar ekspresi wajah.
  4. Disajikan gambar, murid dapat mengidentifikasi suasana hati berdasarkan gambar ekspresi wajah.


C. Murid dapat  menemukan kalimat yang menggunakan huruf kapital pada awal kalimat dan unsur nama orang.

  1. Murid dapat menentukan penulisan huruf kapital yang benar pada awal kalimat dan nama diri.
  2. Murid dapat menentukan penulisan kalimat tanya atau perintah yang tepat berdasarkan penggunaan huruf kapital.
  3. Disajikan kalimat singkat, Murid dapat menentukan penulisan huruf kapital dengan tepat.
  4. Murid dapat menentukan kalimat yang menggunakan huruf kapital dengan tepat.
  5. Murid dapat menggunakan huruf kapital pada nama orang dengan tepat.


D. Murid dapat menemukan informasi dari grafik.

  1. Disajikan cerita singkat dan grafik, murid dapat menghitung jumlah jenis olahraga yang disebutkan dalam teks.
  2. Disajikan cerita singkat, murid dapat menyebutkan jenis olahraga kesukaan Khalif berdasarkan teks.
  3. Disajikan gambar grafik, murid dapat menentukan olahraga yang paling sedikit yang disukai.
  4. Murid dapat menentukan jumlah orang yang menyukai olahraga bersepeda berdasarkan grafik.
  5. Murid dapat menentukan jenis olahraga yang disukai oleh tujuh orang berdasarkan grafik.


E. Murid dapat menjelaskan bagian atau struktur (awal, tengah, akhir) pada kalimat cerita secara mandiri

  1. Disajikan kalimat singkat, murid dapat menentukan letak Subjek (S) dalam sebuah kalimat.
  2. Disajikan kalimat singkat, murid dapat menentukan letak Predikat (P) dalam sebuah kalimat.
  3. Disajikan kalimat singkat, murid dapat menentukan dan menuliskan letak Predikat (P) dalam sebuah kalimat.


F. Murid dapat menemukan informasi dalam sebuah bacaan dan gambar.

  1. Disajikan cerita singkat dan gambar, murid dapat mengidentifikasi ciri rumah bersih dan sehat berdasarkan teks.
  2. Murid dapat mengidentifikasi perbedaan kegemaran yang ditunjukkan oleh gambar.


G. Murid dapat menemukan informasi penting dalam teks bacaan dan tanda rambu-rambu.

  1. Disajikan cerita singkat, murid dapat mengartikan rambu larangan yang ditunjukkan pada gambar.
  2. Disajikan gambar, murid dapat mengidentifikasi gambar rambu peringatan.
  3. Disajikan gambar, murid dapat menyebutkan jumlah warna rambu lampu pengatur lalu lintas dengan benar.


H. Murid dapat menjelaskan Silsilah keluarga pada keluarga inti.

  1. Disajikan gambar silsilah keluarga inti, murid dapat menyebutkan nama kepala keluarga berdasarkan bagan silsilah.
  2. Murid dapat menyebutkan nama Ibu berdasarkan bagan silsilah.
  3. Murid dapat menyebutkan nama anak-anak berdasarkan bagan silsilah.




0 komentar:

Posting Komentar