Sabtu, 29 November 2025

Kelas 5 Matematika (Kisi-Kisi)

 

KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026


KELAS         : V (LIMA)

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

WAKTU         : 120 MENIT

PENYUSUN SOAL : MUHAMMAD RYANO DWI PUTRA, S.Pd


A. Melakukan operasi hitung bilangan cacah

  1. Murid dapat mengetahui nilai tempat pada bilangan cacah

  2. Murid dapat mengetahui lambang dari bilangan cacah

  3. Murid dapat menentukan perbandingan angka (>; <) dari data yang disajikan

  4. Murid dapat menentukan nama bilangan

  5. Murid dapat menentukan hasil dari pengurangan bilangan cacah

  6. Murid dapat mengurutkan data terbanyak dari soal cerita

B. Menyelesaikan persoalan KPK dan FPB

  1. Murid dapat menentukan kelipatan sebuah bilangan

  2. Murid dapat menentukan faktor suatu bilangan

  3. Murid dapat menentukan faktor persekutuan dari dua bilangan

  4. Murid dapat menghitung KPK dari dua bilangan

  5. Murid dapat menghitung KPK dari tiga bilangan

  6. Murid dapat menentukan yang merupakan bilangan prima

  7. Murid dapat menghitung FPB dari dua bilangan

  8. Murid dapat menghitung FPB dari dua bilangan

  9. Murid dapat menentukan KPK dari soal cerita yang diberikan

C. Menyelesaikan operasi hitung pecahan

  1. Murid dapat mengetahui simbol perbandingan dari dua pecahan dengan penyebut sama

  2. Murid dapat mengetahui simbol perbandingan dari dua pecahan dengan penyebut berbeda

  3. Murid dapat mengubah bentuk pecahan campuran ke pecahan biasa

  4. Murid dapat mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran

  5. Murid dapat menentukan hasil penjumlahan dari dua pecahan dengan penyebut sama

  6. Murid dapat menentukan hasil penjumlahan dua pecahan dengan penyebut berbeda

  7. Murid dapat menghitung hasil pengurangan dari dua pecahan dengan penyebut sama

  8. Murid dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan

D. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan Sudut

  1. Murid dapat menentukan jenis sudut dari sebuah gambar

  2. Murid dapat menentukan besar sudut siku-siku

  3. Murid dapat menentukan besar sudut yang kurang dari 900

  4. Murid dapat mengetahui nama sudut dari besarnya sebuah sudut

  5. Murid dapat mengetahui jenis sudut dari besarnya suatu sudut 

  6. Murid dapat menentukan besar sudut dan jenis sudut dari gambar yang diberikan

  7. Murid dapat menentukan contoh-contoh benda konkrit yang membentuk suatu jenis sudut dalam kehidupan sehari-hari

0 komentar:

Posting Komentar