Sabtu, 29 November 2025

Kelas 6 Bahasa Indonesia (Kisi-Kisi)

 

KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026


KELAS         : VI

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

WAKTU         : 90 Menit

PENYUSUN SOAL : Rima Lizarni, S.Pd., Gr.


  1. Murid dapat menyimak teks narasi fiksi berupa cerpen

  1. Disajikan sebuah teks cerpen, murid dapat menentukan topik atau tema utama dengan benar

  2. Disajikan sebuah teks cerpen murid dapat menemukan amanat atau pesan moral dengan tepat

  1. Murid dapat menemukan dan menyebutkan unsur instrinsik pada cerpen

  1. Disajikan sebuah teks cerpen, murid dapat mengidentifikasi latar tempat utama cerita

  2. Disajikan sebuah teks cerpen, murid dapat mengidentifikasi tokoh utama dalam cerita

  3. Disajikan sebuah teks cerpen, murid dapat menganalisis watak/karakter tokoh pendukung.

  1. Murid dapat mengungkapkan pendapat terhadap cerpen

  1. Disajikan sebuah teks cerpen, murid dapat meringkas/menyimpulkan isi cerita.

  1. Murid dapat melengkapi formulir pendaftaran dan daftar riwayat hidup

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi jenis-jenis formulir.

  2. Disajikan sebuah formulir, murid mengidentifikasi bagian-bagiannya dengan benar

  1. Murid dapat menuliskan surat resmi dan surat pribadi

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi unsur surat resmi.

  2. Disajikan soal, murid dapat mengetahui istilah komunikasi modern.

  1. Murid dapat menyimak dan menjawab pertanyaan mengenai artikel yang dibacakan

  1. Disajikan soal, murid dapat mendefinisikan jenis teks dengan tepat

  2. Disajikan penggalan teks artikel, murid dapat menemukan informasi spesifik dari teks.

  1. Murid dapat memahami ide pokok dan ide pendukung

  1. Disajikan penggalan teks artikel, murid dapat menentukan ide pokok/gagasan utama paragraf.

  2. Disajikan penggalan teks artikel, murid dapat membedakan ide pokok dan ide pendukung

  1. Murid dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas

  1. Disajikan penggalan teks diskusi, murid dapat menentukan topiknya dengan benar

  2. Disajikan penggalan teks diskusi, murid dapat mengidentifikasi kalimat penolakan pendapat.

  1. Murid dapat membuat peta pikiran untuk mengorganisasikan ide-ide

  1. Disajikan soal, murid dapat menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran.

  1. Murid dapat melakukan wawancara dan menuliskan hasilnya dalam laporan singkat

  1. Disajikan penggalan teks wawancara, murid dapat mengidentifikasi narasumbernya dengan tepat

  2. Disajikan penggalan teks wawancara, murid dapat menemukan informasi spesifik dari wawancara.

  3. Disajikan penggalan teks wawancara, murid dapat meringkas hasil wawancara dalam bentuk laporan singkat.

  1. Murid dapat menunjukkan fakta dan fiksi dalam teks legenda

  1. Disajikan penggalan teks legenda, murid dapat mengidentifikasi unsur fakta dengan benar

  2. Disajikan penggalan teks legenda, murid dapat membedakan fakta (nyata) dan fiksi (rekaan) dengan tepat

  1. Murid dapat. membedakan contoh kalimat langsung dan kalimat tidak langsung

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi jenis kalimat dengan tepat

  2. Disajikan soal, murid dapat mengetahui ciri-ciri kalimat tidak langsung

  1. Murid dapat membedakan jenis-jenis majas

  1. Disajikan sebuah kalimat, murid dapat mengidentifikasi jenis majas dengan tepat

  2. Disajikan soal, murid dapat menjelaskan jenis-jenis majas tepat

  1. Murid dapat menemukan informasi dalam teks dan diagram

  1. Disajikan sebuah diagram, murid dapat membaca dan menafsirkan data dengan benar

  2. Disajikan sebuah diagram, murid dapat memberikan tanggapan kritis terhadap penyajian data.

  1. Murid dapat menuliskan laporan hasil pengamatan

  1. Disajikan sebuah teks hasil pengamatan, murid dapat menentukan judul laporan pengamatan yang sesuai.

  2. Disajikan sebuah teks hasil pengamatan, murid dapat menemukan detail fisik dari teks laporan.

  1. Murid dapat menentukan kebenaran informasi dari teks eksplanasi ilmiah

  1. Disajikan sebuah penggalan teks eksplanasi, murid dapat menemukan informasi dengan tepat

  2. Disajikan sebuah penggalan teks eksplanasi, murid dapat Menentukan kata tanya yang sesuai.

  1. Murid dapat memahami sinonim dan antonim

  1. Disajikan sebuah kalimat, murid dapat menentukan antonim dari kata yang dimaksud

  2. Disajikan soal, murid dapat menjelaskan makna kata yang dimaksud

  1. Murid dapat menulis ringkasan teks eksplanasi ilmiah

  1. Disajikan sebuah penggalan teks eksplanasi, murid dapat mengidentifikasi dampak dari suatu fenomena

  2. Disajikan sebuah penggalan teks eksplanasi, murid dapat meringkas isi teks secara tepat

  3. Disajikan sebuah penggalan teks eksplanasi, murid dapat mengidentifikasi kata tidak baku

  1. Murid dapat menulis kalimat efektif untuk poster

  1. Disajikan sebuah gambar, murid dapat mengidentifikasi jenis media promosi yang sesuai

  2. Disajikan gambar, murid dapat menentukan kalimat iklan persuasif yang efektif.

  3. Disajikan gambar, murid dapat menganalisis sasaran dan tujuan iklan pada gambar


0 komentar:

Posting Komentar