KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2025/2026
KELAS : VI
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
WAKTU : 90 Menit
PENYUSUN SOAL : Rima Lizarni, S.Pd., Gr.
Murid dapat menyimak teks narasi fiksi berupa cerpen
Disajikan sebuah teks cerpen, murid dapat menentukan topik atau tema utama dengan benar
Disajikan sebuah teks cerpen murid dapat menemukan amanat atau pesan moral dengan tepat
Murid dapat menemukan dan menyebutkan unsur instrinsik pada cerpen
Disajikan sebuah teks cerpen, murid dapat mengidentifikasi latar tempat utama cerita
Disajikan sebuah teks cerpen, murid dapat mengidentifikasi tokoh utama dalam cerita
Disajikan sebuah teks cerpen, murid dapat menganalisis watak/karakter tokoh pendukung.
Murid dapat mengungkapkan pendapat terhadap cerpen
Disajikan sebuah teks cerpen, murid dapat meringkas/menyimpulkan isi cerita.
Murid dapat melengkapi formulir pendaftaran dan daftar riwayat hidup
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi jenis-jenis formulir.
Disajikan sebuah formulir, murid mengidentifikasi bagian-bagiannya dengan benar
Murid dapat menuliskan surat resmi dan surat pribadi
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi unsur surat resmi.
Disajikan soal, murid dapat mengetahui istilah komunikasi modern.
Murid dapat menyimak dan menjawab pertanyaan mengenai artikel yang dibacakan
Disajikan soal, murid dapat mendefinisikan jenis teks dengan tepat
Disajikan penggalan teks artikel, murid dapat menemukan informasi spesifik dari teks.
Murid dapat memahami ide pokok dan ide pendukung
Disajikan penggalan teks artikel, murid dapat menentukan ide pokok/gagasan utama paragraf.
Disajikan penggalan teks artikel, murid dapat membedakan ide pokok dan ide pendukung
Murid dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas
Disajikan penggalan teks diskusi, murid dapat menentukan topiknya dengan benar
Disajikan penggalan teks diskusi, murid dapat mengidentifikasi kalimat penolakan pendapat.
Murid dapat membuat peta pikiran untuk mengorganisasikan ide-ide
Disajikan soal, murid dapat menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran.
Murid dapat melakukan wawancara dan menuliskan hasilnya dalam laporan singkat
Disajikan penggalan teks wawancara, murid dapat mengidentifikasi narasumbernya dengan tepat
Disajikan penggalan teks wawancara, murid dapat menemukan informasi spesifik dari wawancara.
Disajikan penggalan teks wawancara, murid dapat meringkas hasil wawancara dalam bentuk laporan singkat.
Murid dapat menunjukkan fakta dan fiksi dalam teks legenda
Disajikan penggalan teks legenda, murid dapat mengidentifikasi unsur fakta dengan benar
Disajikan penggalan teks legenda, murid dapat membedakan fakta (nyata) dan fiksi (rekaan) dengan tepat
Murid dapat. membedakan contoh kalimat langsung dan kalimat tidak langsung
Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi jenis kalimat dengan tepat
Disajikan soal, murid dapat mengetahui ciri-ciri kalimat tidak langsung
Murid dapat membedakan jenis-jenis majas
Disajikan sebuah kalimat, murid dapat mengidentifikasi jenis majas dengan tepat
Disajikan soal, murid dapat menjelaskan jenis-jenis majas tepat
Murid dapat menemukan informasi dalam teks dan diagram
Disajikan sebuah diagram, murid dapat membaca dan menafsirkan data dengan benar
Disajikan sebuah diagram, murid dapat memberikan tanggapan kritis terhadap penyajian data.
Murid dapat menuliskan laporan hasil pengamatan
Disajikan sebuah teks hasil pengamatan, murid dapat menentukan judul laporan pengamatan yang sesuai.
Disajikan sebuah teks hasil pengamatan, murid dapat menemukan detail fisik dari teks laporan.
Murid dapat menentukan kebenaran informasi dari teks eksplanasi ilmiah
Disajikan sebuah penggalan teks eksplanasi, murid dapat menemukan informasi dengan tepat
Disajikan sebuah penggalan teks eksplanasi, murid dapat Menentukan kata tanya yang sesuai.
Murid dapat memahami sinonim dan antonim
Disajikan sebuah kalimat, murid dapat menentukan antonim dari kata yang dimaksud
Disajikan soal, murid dapat menjelaskan makna kata yang dimaksud
Murid dapat menulis ringkasan teks eksplanasi ilmiah
Disajikan sebuah penggalan teks eksplanasi, murid dapat mengidentifikasi dampak dari suatu fenomena
Disajikan sebuah penggalan teks eksplanasi, murid dapat meringkas isi teks secara tepat
Disajikan sebuah penggalan teks eksplanasi, murid dapat mengidentifikasi kata tidak baku
Murid dapat menulis kalimat efektif untuk poster
Disajikan sebuah gambar, murid dapat mengidentifikasi jenis media promosi yang sesuai
Disajikan gambar, murid dapat menentukan kalimat iklan persuasif yang efektif.
Disajikan gambar, murid dapat menganalisis sasaran dan tujuan iklan pada gambar







0 komentar:
Posting Komentar