Wisuda Sertifikasi Hafalan Al Quran

Kegiatan Rutin Wisuda Sertifikasi Hafalan Al Quran Siswa dan Bersamaan dengan Perpisahan Siswa Kelas 6.

Outing Class

Kegiatan Tahunan Outing Class Siswa sebagai Wadah Edukasi Lapangan.

Kunjungan Perpustakaan Wilayah

Kegiatan Kunjungan Lapangan Ke Perpustakaan Soeman HS sebagai Motivasi Meningkatkan Literasi Siswa.

Kegiatan Ekskul Panahan

Salah Satu Kegiatan Ekskul : Kegiatan Ekskul Panahan Akhwat.

Pembinaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Salah Satu Kegiatan Pembinaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan.

Kamis, 27 November 2025

Kelas 1 Bahasa Indonesia (Kisi-Kisi)



KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
SUMATIF AKHIR SEMESTER
SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2025/2026

KELAS : I (SATU)
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
WAKTU : 90 Meni
PENYUSUN SOAL : Ami Yunita Br. Sitompul, S.Pd., Gr.


No.

Mata Pelajaran

Tujuan Pembelajaran

Indikator Soal

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

BINA

1.1.1 Mengetahui macam-macam suara di lingkungan sekitar

  • Peserta didik dapat menyebutkan suara kendaraan  yang sedang berjalan

PG

1

  • Peserta didik dapat mengetahui bunyi petir saat hujan

PG

2

  • Peserta didik dapat mengentahui suara berbagai hewan

PG

3

1.1.3 Mengetahui pancaindra dan kegunaannya

  • Peserta didik dapat menjelaskan kegunaan panca indra telinga

PG

4


  • Peserta didik dapat mengetahui jumlah panca indra manusia

PG

5


BINA

1.2.1 Mengetahui cara bermain tradisional

  • Peserta didik dapat mengetahui tempat aman untuk bermain

PG

6


  • Peserta didik dapat membedakan mainan tradisional dan moderen

PG

7


BINA

1.2.2 Mengenali kalimat tanya, ajakan, perintah dan larangan

  • Peserta didik dapat mengetahui jumlah suku kata dari sebuah kata 

PG

8


  • Peserta didik dapat mengetahui tanda yang digunakan untuk mengakhiri kalimat perintah, larangan, dan ajakan

PG

9


BINA

1.2.3 Menyampaikan pendapat atau tanggapan dengan sopan

  • Peserta didik dapat menyebutkan contoh dari perbuatan yang salah

PG

10


  • Peserta didik dapat mengetahui kalimat larangan 

PG

11


  • Peserta didik dapat menghitung huruf dari sebuah kata

PG

12



1.3.1 Mengetahui akibat dari tubuh yang kotor

  • Peserta didik dapat menjelaskan akibat dari tangan yang kotor

PG

13


BINA

  • Peserta didik dapat mengetahui hal yang membuat tangan menjadi kotor berdasarkan cerita yang di sajikan

PG

14


BINA

1.3.3 Melengkapi kalimat dengan benar

  • Peserta didik dapat melengkapi kalimat yang di sajikan

PG

15 &16


BINA

1.3.4 Menulis gagasan terkait ide pokok bacaan

  • Peserta didik dapat mengetahui akibat dari perut yang terinfeksi virus dan bakteri

PG

17


  • Peserta didik dapat mengetahui benda yang digunakan ketika flu dan batuk

PG

18


  • Disajikan sebuah gambar peserta didik dapat mengetahui hewan yang di awali dari huruf “K”

PG

19


BINA

1.4.2 Memahami informasi dalam sebuah cerita

  • Disajikan sebuah cerita peserta didik dapat mengetahui alasan tokoh beruang mendekati sarang lebah

PG

20


BINA

  • Peserta didik dapat mengetahui bagaimana beruang bergerak

PG

21


  • Peserta didik dapat mengetahui bagaimana lebah bergerak

PG

22


BINA

1.4.4 Mengetahui nama hewan yang berawalan huruf “L”

  • Peserta didik dapat mengetahui nama hewan yang tersusun dalan 7 huruf

PG

23


  • Peserta didik dapat mengetahui hewan yang memiliki 6 kaki

PG

24


  • Peserta didik dapat melengkapi suku kata berdasarkan gambar yang di sajikan

PG

25



Selasa, 28 Oktober 2025

Tuan Rumah Pelatihan Pembelajaran Mendalam bagi Kepala Sekolah 2025




Tuan Rumah Pelatihan Pembelajaran Mendalam bagi Kepala Sekolah 2025


Pembelajaran mendalam merupakan pendekatan pembelajaran baru di kurikulum merdeka. Untuk mempercepat pemahaman satuan pendidikan dan memperluas pengaplikasiannya, maka pelatihan masif dilakukan. SD IT Imam Syafii Cendikia dipilih oleh Balai Guru dan Tenaga Kependidikan (BGTK) provinsi Riau sebagai tempat pelatihan Pembelajaran Mendalam (PM) bagi Kepala Sekolah kelompok Lokus 27 pada Senin, 20 Oktober 2025. 

“Kita sangat bangga dan apresiasi pada BGTK yang memilih SD IT Imam Syafii Cendikia sebagai tempat pelatihan PM kali ini, kita persiapkan semua dengan maksimal untuk memberi kesan baik pada peserta dan menjaga amanah dari BGTK Riau,” ungkap Ust. Febrio selaku Kepala SD IT Imam Syafii Cendikia.


Pelatihan ini dihadiri oleh 31 Kepala SD Negeri dan Swasta se Kota Pekanbaru. Pelatihan ini merupakan rangkaian yang harus diselesaikan oleh Kepala Sekolah pilihan. Mulai dari IN 1 selama 5 hari, ON 1, ON 2, ON3, dan berakhir pada IN 2 di akhir November nantinya. Hal ini merupakan bimbingan bagi satuan pendidikan untuk menerapkan PM secara holistik dan komprehensif.

Hadir sebagai Fasilitator Bu Dr. Jessy (Dosen UNRI) dan Bu Vivi dari Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. Pada pertemuan kali ini, fasilitator berfokus pada laporan dari program yang dibuat oleh masing-masing satuan pendidikan dengan pendekatan inkuiri kolaboratif. Tiap Kepala Sekolah memaparkan praktik baik di sekolahnya terkait PM. Saling kolaborasi, berbagi, dan menginspirasi antar Kepala Sekolah dengan tujuan yang sama yaitu, pembelajaran yang berpihak pada murid, pembelajaran yang berkesadaran, bermakna, menggembirakan, penilaian otentik, dan refleksi kolaboratif.

Pelatihan yang dilaksanakan di ruang rapat yayasan ini dimulai dari pukul 8 pagi hingga 4 sore. Persiapan dari panitia SD IT Imam Syafii Cendikia dalam memuliakan tamu mulai dari tempat yang nyaman, konsumsi, hingga bingkisan sebagai ucapan terima kasih. 

“Kami terkesan dengan SD IT Imam Syafii Cendikia ini, gedung yang megah, fasilitas yang memadai, dan kami diservice sangat wah, belum habis makanan yang satu, datang lagi makanan satunya,” ungkap Else, M.Pd Kepala SDN 192, salah satu peserta.***


Selasa, 09 September 2025

Pelaksanaan MoA SDIT Imam Syafii Cendikia dengan FKIP Universitas Islam Riau

 



Pelaksanaan MoA SDIT Imam Syafii Cendikia dengan FKIP Universitas Islam Riau 


SDIT Imam Syafii Cendikia, sebuah lembaga pendidikan dasar yang mengusung kurikulum berbasis nilai-nilai Islami dan akademik berkualitas yang dihadiri oleh Kepala Sekolah Febrio Rozalmi Putra, S.Pd Ust. Febrio Rozalmi Putra, S.Pd, bersinergi dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Riau yang dihadiri oleh Dekan Ibu Assoc. Prof. Dr. Miranti Eka Putri, S.Pd., M,Ed. melalui penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA). Kerja sama ini bertujuan memperkuat kualitas pendidikan di SDIT Imam Syafii Cendikia dengan memanfaatkan sumber daya akademik dan penelitian dari FKIP Universitas Islam Riau.


Melalui MoA ini pada Kamis, 4 September 2025, berbagai kegiatan pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan guru dilakukan secara kolaboratif. FKIP Universitas Islam Riau berperan sebagai mitra dalam memberikan pelatihan peningkatan kompetensi guru, pendampingan kurikulum, serta pelaksanaan praktikum bagi mahasiswa calon guru di lingkungan SDIT Imam Syafii Cendikia. Proses transfer ilmu ini diharapkan memperkaya kualitas guru dan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif.


Selain itu, pelaksanaan MoA juga mencakup kegiatan penelitian bersama yang fokus pada pengembangan model pembelajaran berbasis keislaman dan karakter. Hal ini tidak hanya memperkuat aspek akademik, tetapi juga memperkuat karakter peserta didik sebagai generasi yang berakhlak mulia dan berprestasi.

Kolaborasi ini juga membuka ruang bagi mahasiswa FKIP untuk berinteraksi langsung dengan dunia nyata melalui praktik mengajar, pengamatan, dan pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan SDIT Imam Syafii Cendikia. Dengan demikian, MoA ini menjadi wadah sinergi yang saling menguntungkan antara institusi pendidikan dasar dan perguruan tinggi untuk menciptakan pendidikan yang unggul dan berkelanjutan.


Secara keseluruhan, pelaksanaan MoA ini merupakan langkah strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui penguatan sumber daya manusia, inovasi pembelajaran, dan sinergi akademik. SDIT Imam Syafii Cendikia dan FKIP Universitas Islam Riau berkomitmen melanjutkan kerja sama yang berorientasi pada pengembangan kualitas pendidikan berbasis nilai Islami yang adaptif terhadap perkembangan zaman. (RR)