Wisuda Sertifikasi Hafalan Al Quran

Kegiatan Rutin Wisuda Sertifikasi Hafalan Al Quran Siswa dan Bersamaan dengan Perpisahan Siswa Kelas 6.

Outing Class

Kegiatan Tahunan Outing Class Siswa sebagai Wadah Edukasi Lapangan.

Kunjungan Perpustakaan Wilayah

Kegiatan Kunjungan Lapangan Ke Perpustakaan Soeman HS sebagai Motivasi Meningkatkan Literasi Siswa.

Kegiatan Ekskul Panahan

Salah Satu Kegiatan Ekskul : Kegiatan Ekskul Panahan Akhwat.

Pembinaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Salah Satu Kegiatan Pembinaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan.

Kamis, 27 November 2025

KELAS 1 SBDP (Kisi-Kisi)


KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2025/2026

KELAS : I
MATA PELAJARAN         : SBDP
WAKTU : 90 Menit
PENYUSUN SOAL : Minia Wety, S.Pd

A. Peserta didik dapat menentukan dan menyebutkan aneka garis pada benda di sekitar kita
  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi definisi garis vertikal.
  2. Peserta didik dapat mengidentifikasi garis lengkung pada benda konstruksi.
  3. Peserta didik dapat mengidentifikasi definisi garis horizontal
  4. 4Peserta didik dapat mengklasifikasikan contoh benda yang berasal dari alam
  5. 5Peserta didik dapat mengklasifikasikan contoh benda buatan manusia. Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis garis diagonal (miring) pada benda sekitar.
  6. Peserta didik dapat menyelesaikan operasi hitung pengurangan sederhana terkait objek ubin.
B. Peserta didik dapat menentukan dan menunjukkan gerakan dan bentuk benda
  1. Peserta didik dapat menerapkan operasi hitung pengurangan dalam konteks kerajinan tangan. 
  2. Peserta didik dapat mengidentifikasi kerang sebagai bentuk organik (alami). 
  3. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah matematika sederhana terkait bahan kerajinan. 
  4. Peserta didik dapat menyebutkan istilah untuk garis yang tidak berubah (statis). 
  5. Peserta didik dapat menyebutkan istilah untuk garis yang berubah (dinamis). 
  6. Peserta didik dapat memberikan contoh benda berbentuk organik. 
  7. Peserta didik dapat mengidentifikasi motif garis diagonal pada gambar. Peserta didik dapat mendefinisikan karakteristik bentuk geometris.
C. Peserta didik dapat menentukan dan membuat bentuk dengan potong dan tempel
  1. Peserta didik dapat mengelompokkan bentuk-bentuk dasar ke dalam jenis geometris
  2. Peserta didik dapat menyebutkan nama teknik seni tempel (kolase). 
  3. Peserta didik dapat menggolongkan pohon sebagai bentuk organik. 
  4. Peserta didik dapat mengidentifikasi alat/bahan perekat dalam pembuatan kolase.
  5. Peserta didik dapat mengidentifikasi alat potong dalam pembuatan kolase.

Kelas 1 Bahasa Indonesia (Kisi-Kisi)



KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
SUMATIF AKHIR SEMESTER
SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2025/2026

KELAS : I (SATU)
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
WAKTU : 90 Meni
PENYUSUN SOAL : Ami Yunita Br. Sitompul, S.Pd., Gr.


No.

Mata Pelajaran

Tujuan Pembelajaran

Indikator Soal

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

BINA

1.1.1 Mengetahui macam-macam suara di lingkungan sekitar

  • Peserta didik dapat menyebutkan suara kendaraan  yang sedang berjalan

PG

1

  • Peserta didik dapat mengetahui bunyi petir saat hujan

PG

2

  • Peserta didik dapat mengentahui suara berbagai hewan

PG

3

1.1.3 Mengetahui pancaindra dan kegunaannya

  • Peserta didik dapat menjelaskan kegunaan panca indra telinga

PG

4


  • Peserta didik dapat mengetahui jumlah panca indra manusia

PG

5


BINA

1.2.1 Mengetahui cara bermain tradisional

  • Peserta didik dapat mengetahui tempat aman untuk bermain

PG

6


  • Peserta didik dapat membedakan mainan tradisional dan moderen

PG

7


BINA

1.2.2 Mengenali kalimat tanya, ajakan, perintah dan larangan

  • Peserta didik dapat mengetahui jumlah suku kata dari sebuah kata 

PG

8


  • Peserta didik dapat mengetahui tanda yang digunakan untuk mengakhiri kalimat perintah, larangan, dan ajakan

PG

9


BINA

1.2.3 Menyampaikan pendapat atau tanggapan dengan sopan

  • Peserta didik dapat menyebutkan contoh dari perbuatan yang salah

PG

10


  • Peserta didik dapat mengetahui kalimat larangan 

PG

11


  • Peserta didik dapat menghitung huruf dari sebuah kata

PG

12



1.3.1 Mengetahui akibat dari tubuh yang kotor

  • Peserta didik dapat menjelaskan akibat dari tangan yang kotor

PG

13


BINA

  • Peserta didik dapat mengetahui hal yang membuat tangan menjadi kotor berdasarkan cerita yang di sajikan

PG

14


BINA

1.3.3 Melengkapi kalimat dengan benar

  • Peserta didik dapat melengkapi kalimat yang di sajikan

PG

15 &16


BINA

1.3.4 Menulis gagasan terkait ide pokok bacaan

  • Peserta didik dapat mengetahui akibat dari perut yang terinfeksi virus dan bakteri

PG

17


  • Peserta didik dapat mengetahui benda yang digunakan ketika flu dan batuk

PG

18


  • Disajikan sebuah gambar peserta didik dapat mengetahui hewan yang di awali dari huruf “K”

PG

19


BINA

1.4.2 Memahami informasi dalam sebuah cerita

  • Disajikan sebuah cerita peserta didik dapat mengetahui alasan tokoh beruang mendekati sarang lebah

PG

20


BINA

  • Peserta didik dapat mengetahui bagaimana beruang bergerak

PG

21


  • Peserta didik dapat mengetahui bagaimana lebah bergerak

PG

22


BINA

1.4.4 Mengetahui nama hewan yang berawalan huruf “L”

  • Peserta didik dapat mengetahui nama hewan yang tersusun dalan 7 huruf

PG

23


  • Peserta didik dapat mengetahui hewan yang memiliki 6 kaki

PG

24


  • Peserta didik dapat melengkapi suku kata berdasarkan gambar yang di sajikan

PG

25



Selasa, 28 Oktober 2025

Tuan Rumah Pelatihan Pembelajaran Mendalam bagi Kepala Sekolah 2025




Tuan Rumah Pelatihan Pembelajaran Mendalam bagi Kepala Sekolah 2025


Pembelajaran mendalam merupakan pendekatan pembelajaran baru di kurikulum merdeka. Untuk mempercepat pemahaman satuan pendidikan dan memperluas pengaplikasiannya, maka pelatihan masif dilakukan. SD IT Imam Syafii Cendikia dipilih oleh Balai Guru dan Tenaga Kependidikan (BGTK) provinsi Riau sebagai tempat pelatihan Pembelajaran Mendalam (PM) bagi Kepala Sekolah kelompok Lokus 27 pada Senin, 20 Oktober 2025. 

“Kita sangat bangga dan apresiasi pada BGTK yang memilih SD IT Imam Syafii Cendikia sebagai tempat pelatihan PM kali ini, kita persiapkan semua dengan maksimal untuk memberi kesan baik pada peserta dan menjaga amanah dari BGTK Riau,” ungkap Ust. Febrio selaku Kepala SD IT Imam Syafii Cendikia.


Pelatihan ini dihadiri oleh 31 Kepala SD Negeri dan Swasta se Kota Pekanbaru. Pelatihan ini merupakan rangkaian yang harus diselesaikan oleh Kepala Sekolah pilihan. Mulai dari IN 1 selama 5 hari, ON 1, ON 2, ON3, dan berakhir pada IN 2 di akhir November nantinya. Hal ini merupakan bimbingan bagi satuan pendidikan untuk menerapkan PM secara holistik dan komprehensif.

Hadir sebagai Fasilitator Bu Dr. Jessy (Dosen UNRI) dan Bu Vivi dari Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. Pada pertemuan kali ini, fasilitator berfokus pada laporan dari program yang dibuat oleh masing-masing satuan pendidikan dengan pendekatan inkuiri kolaboratif. Tiap Kepala Sekolah memaparkan praktik baik di sekolahnya terkait PM. Saling kolaborasi, berbagi, dan menginspirasi antar Kepala Sekolah dengan tujuan yang sama yaitu, pembelajaran yang berpihak pada murid, pembelajaran yang berkesadaran, bermakna, menggembirakan, penilaian otentik, dan refleksi kolaboratif.

Pelatihan yang dilaksanakan di ruang rapat yayasan ini dimulai dari pukul 8 pagi hingga 4 sore. Persiapan dari panitia SD IT Imam Syafii Cendikia dalam memuliakan tamu mulai dari tempat yang nyaman, konsumsi, hingga bingkisan sebagai ucapan terima kasih. 

“Kami terkesan dengan SD IT Imam Syafii Cendikia ini, gedung yang megah, fasilitas yang memadai, dan kami diservice sangat wah, belum habis makanan yang satu, datang lagi makanan satunya,” ungkap Else, M.Pd Kepala SDN 192, salah satu peserta.***