Wisuda Sertifikasi Hafalan Al Quran

Kegiatan Rutin Wisuda Sertifikasi Hafalan Al Quran Siswa dan Bersamaan dengan Perpisahan Siswa Kelas 6.

Outing Class

Kegiatan Tahunan Outing Class Siswa sebagai Wadah Edukasi Lapangan.

Kunjungan Perpustakaan Wilayah

Kegiatan Kunjungan Lapangan Ke Perpustakaan Soeman HS sebagai Motivasi Meningkatkan Literasi Siswa.

Kegiatan Ekskul Panahan

Salah Satu Kegiatan Ekskul : Kegiatan Ekskul Panahan Akhwat.

Pembinaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Salah Satu Kegiatan Pembinaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan.

Jumat, 28 November 2025

Kelas 1 Akidah Akhlak (Kisi-Kisi)

 

KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026


KELAS             : I

MATA PELAJARAN     : Akidah Akhlak

WAKTU                   : 90 Menit

PENYUSUN SOAL           : Wira Insani, S.Pd.I


  1. Peserta didik dapat mengenal Allah melalui kalimat syahadat dan peserta didik dapat menerapkan kalimat tayibah.

  1. Siswa dapat memahami teks literasi agama.

  2. Siswa dapat mengetahui kalimat syahadat.

  3. Siswa dapat mengetahui syahadat tauhid.

  4. Siswa dapat mengetahui syahadat Rasul.

  5. Siswa dapat mengetahui kalimat toyibah.


  1. Peserta didik dapat  mengenal asmaul husna.

  1. Siswa dapat mengetahui asmaul husna.

  2. Siswa dapat mengetahui asmaul husna al khalik.

  3. Siswa dapat mengetahui jumlah asmaul husna.

  4. Siswa dapat mengetahui asmaul husna Arrazaq.


  1. Peserta didik dapat menerapkan hidup sehat dan bersih.

  1. Siswa dapat menjawab teks literasi tentang hidup sehat.

  2. Siswa dapat mengetahui manfaat kebersihan.

  3. Siswa dapat mengetahui adab masuk kamar mandi.

  4. Siswa dapat mengetahui kesehatan rohani.

  5. Siswa dapat mengetahui adab beristinjak.


  1. Peserta didik dapat menerapkan adab berpakaian 

  1. Siswa dapat mengetahui ciri berpakaian yang baik.

  2. Siswa dapat mengetahui adab berpakaian.

  3. Siswa dapat mengetahui arti aurat.

  4. Siswa dapat mengetahui batasan aurat.

  5. Siswa dapat mengetahui penting menjaga aurat.


  1. Peserta didik dapat memahami kisah teladan nabi Muhammad shallallahu alaihi wa salam.

  1. Siswa dapat mengetahui kepercayaan masyarakat sebelum datangnya Islam.

  2. Siswa dapat mengetahui nama orangtua nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. 

  3. Siswa dapat mengetahui warisan Rasulullah.

  4. Siswa dapat mengetahui kisah nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.  

  5. Siswa dapat mengetahui akhlak nabi Muhammad shallallahu alihi wa sallam.


Kelas 1 BMR (Kisi-Kisi)

 

KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026


KELAS          : I (SATU)

MATA PELAJARAN : Budaya Melayu Riau

WAKTU                  : 90 Menit

PENYUSUN SOAL     : Luluk Agustina


  1. Siswa dapat mengidentifikasi anggota keluarga inti

  1. Siswa mampu menyebutkan siapa saja anggota keluarga inti 

  2. Siswa mampu menentukan pengertian sapaan 

  3. Siswa mampu menyebutkan peran ibu dalam keluarga

  1. Siswa dapat mengidentifikasi kosakata budaya daerah (Bahasa Melayu Riau)

  1. Siswa mampu menyebutkan panggilan kepada ibu dalam Bahasa Melayu Riau 

  2. Siswa mampu menyebutkan siapa yang berperan sebagai kepala keluarga 

  3. Siswa mampu menyebutkan panggilan ayah dalam Bahasa Melayu Riau 

  1. Siswa dapat mengidentifikasi kosakata sapaan dalam budaya Melayu Riau

  1. Siswa mampu menyebutkan panggilan untuk anak ketiga dalam Bahasa Melayu 

  2. Siswa mampu menyebutkan panggilan kepada anak terakhir 

  3. Siswa mampu menentukan sapaan untuk anak keempat dalam Bahasa Melayu Riau

  4. Siswa mampu menentukan arti sapaan “Onga”.

  1. Siswa dapat mengidentifikasi cara menikmati makanan khas daerah

  1. Siswa mampu menyebutkan dengan siapa makanan khas Melayu Riau biasanya dinikmati

  2. Siswa mampu menjelaskan pohon penghasil sagu

  3. Siswa mampu menyebutkan bagian singkong yang diolah menjadi kerupuk

  4. Siswa mampu menyebutkan bahan utama kue buah melake

  1. Mengenal makanan khas daerah Melayu Riau

  1. Siswa mampu menyebutkan asal daerah kacang pukul

  2. Siswa mampu menyebutkan rasa kacang atom 

  3. Siswa mampu menyebutkan nama makanan ringan berdasarkan gambar

  4. Siswa mampu menyebutkan rasa kerupuk patin

  5. Siswa mampu menyebutkan olahan dari kulit ikan patin

  6. Siswa mampu menyebutkan daerah penghasil kerupuk udang


Kelas 1 Bahasa Inggris (Kisi-Kisi)

 


KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026


KELAS         : I

MATA PELAJARAN : Bahasa Inggris

WAKTU         : 90 Menit

PENYUSUN SOAL : Putri Kurnia Sari, S.Pd


  1. Peserta didik memahami penggunaan greeting dan parting.

  1. Peserta didik dapat mengetahui Bahasa Inggris dari prasa selamat pagi.

  2. Peserta didik dapat mengetahui arti Bahasa Indonesia dari prasa good night.

  3. Peserta didik dapat menentukan ucapan selamat pagi/ siang / malam dengan Bahasa Inggris  sesuai dengagambar

  4. Peserta didik dapat menentukan ucapan selamat pagi/ siang / malam dengan Bahasa Inggris  sesuai dengan gambar

  5. Peserta didik dapat menjawab pertanyaan dengan kata hi dalam Bahasa Inggris.

  6. Peserta didik dapat mengucapkan greeting pada saat mengakhiri pertemuan berdasarkan pada gambar.

  7. Peserta didik dapat mengucapkan ucapan greeting dalam Bahasa Inggris pada saat ingin pergi tidur. 

  8. Peserta didik dapat melengkapi kata dalam Bahasa Inggris mengenai greeting. 


  1. Peserta didik dapat menghafal alphabet A-Z dalam Bahasa Inggris.

  1. Peserta didik menjawab pertanyaan what is your name.

  2. Peserta didik mengetahui huruf setelah huruf G.

  3. Peserta didik mengetahui kelanjutan dari huruf – huruf a,b, c secara .berurutan.

  4. Peserta didik menjawab sebuah nama dengan huruf awal dan huruf akhir diketahui. 

  5. Peserta didik mengetahui arti dari prasa my name.

  6. Peserta didik mengetahui bahasa Inggris dari senang bertemu dengan mu.

  7. Peserta didik mengetahui bahasa Inggris dari aku baik/ aku sehat.

  8. Peserta didik mengetahui huruf kelima dari abjad.


  1. Peserta didik mengetahui bahasa Inggris dari siapa namamu.

  2. Peserta didik mengetahui bahasa Indonesia dari prasa how are you.


  1. Peserta didik mengenal dan menghafal angka 1-10 dalam Bahasa Inggris.

  1. Peserta didik mengetahui bahasa Inggris dari angka delapan

  2. Peserta didik mengetahui angka setelah angka empat dalam Bahasa Inggris.

  3. Peserta didik memilih satu angka pada gambar sesuai dengan penyebutan angka dalam bahasa Inggris.

  4. Peserta didik mengetahui bahasa Inggris dari angka sepuluh.

  5. Peserta didik mengetahui bahasa Indonesia dari angka seven.

  6. Peserta didik menjawab penyebutan angka dalam bahasa Inggris berdasarkan pada gambar.

  7. Peserta didik bias menghitung jumlah benda jika diberi lagi dengan teman dalam Bahasa Inggris.

Kamis, 27 November 2025

KELAS 1 IPAS (Kisi-Kisi)



KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN  SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026


KELAS            : I (Satu)

MATA PELAJARAN  : IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial)

WAKTU     : 90 Menit

PENYUSUN SOAL         : Widya Fitri Arlisha, S.Pd., Gr.


A. Mengetahui cara memperkenalkan diri sendiri, keluarga dan teman berdasarkan ciri fisik

  1. Peserta didik dapat menyebutkan cara memperkenalkan diri
  2. Disajikan ciri-ciri fisik seseorang. Peserta didik dapat menentukan gambar sesuai dengan ciri fisik yang dimaksud

B. Mengenali kegemaran diri sendiri dan teman

  1. Disajikan sebuah gambar. Peserta didik dapat menentukan kegemaran dari gambar yang dimaksud. 
  2. Disajikan beberapa kalimat atau informasi. Peserta didik dapat menentukan perbedaan dari informasi tersebut

C. Mengetahui anggota keluarga berdasarkan silsilah keluarga

  1. Peserta didik dapat menyebutkan sapaan atau panggilan untuk anggota keluarga 
  2. Disajikan sebuah gambar. Peserta didik dapat menentukan pekerjaan anggota keluarga dan jumlah anggota keluarga.

D. Mengetahui anggota keluarga berdasarkan pekerjaan dan jumlahnya.

  1. Disajikan sebuah silsilah keluarga. Peserta didik dapat menentukan nama dari anggota keluarga tersebut

E. Mengetahui pengalaman menyenangkan di rumah  dan di luar rumah

  1. Peserta didik dapat menentukan gambar yang menunjukkan contoh pengalaman menyenangkan di r1umah dan di luar rumah

Peserta didik dapat menentukan makna pengalaman

F. Mengetahui pengalaman tidak menyenangkan di rumah dan luar rumah

  1. Peserta didik dapat menentukan pengalaman tidak menyenangkan di rumah dan di luar rumah

G. Mengenal anggota tubuh dan fungsinya

  1. Peserta didik dapat menentukan fungsi dan anggota tubuh yang digunakan untuk beraktifitas

H. Cara menjaga dan merawat anggota tubuh

  1. Peserta didik dapat mengetahui cara menjaga dan merawat anggota tubuh serta fungsinya


KELAS 1 PJOK (Kisi-Kisi)






KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2025/2026

KELAS : I
MATA PELAJARAN.    : PJOK
WAKTU : 90 Menit
PENYUSUN SOAL : Minia Wety, S.Pd

A. Peserta didik dapat mempraktekkan pola gerak dasar lokomotor (berjalan, berlari dan melompat)
  1. Siswa dapat mengidentifikasi gerakan awalan sebelum melakukan loncatan. 
  2. Siswa dapat memahami ciri utama yang membedakan lari dengan jalan (adanya fase melayang). 
  3. Siswa dapat membandingkan kecepatan antara berlari dan berjalan.
  4. Siswa dapat mengingat definisi/tanda utama dari gerak dasar lokomotor. 
  5. Disajikan cerita, siswa dapat menghitung total jarak lari (penerapan matematika sederhana).
  6. Siswa dapat menyebutkan jumlah tumpuan kaki pada gerakan melompat.
  7. Siswa dapat menyebutkan jumlah tumpuan kaki pada gerakan meloncat (seperti katak).
  8. Disajikan cerita gerak maju-mundur, siswa dapat menghitung total jarak yang ditempuh.
  9. Disajikan tabel, siswa dapat menganalisis gerakan yang bukan termasuk lokomotor.
  10. Disajikan tabel, siswa dapat menganalisis gerakan yang termasuk lokomotor.
B. Peserta didik dapat mempraktekkan pola gerak dasar non lokomotor (memutar, mengayun dan membungkuk)
  1. Siswa dapat menentukan gerakan lengan persiapan sebelum memukul. 
  2. Siswa dapat mengidentifikasi unsur gerak dasar (ayunan) pada aktivitas melempar bola bawah. 
  3. Siswa dapat menyebutkan fungsi alat fleksometer (pengukur kelenturan). 
  4. Siswa dapat mengidentifikasi nama sikap tubuh saat meraih kaki dengan tangan sambil duduk. 
  5. Siswa dapat mengasosiasikan gerakan alam (pohon tertiup angin) dengan gerak tubuh. 
  6. Siswa dapat menyebutkan arah orientasi gerakan memutar badan. 
  7. Siswa dapat mengidentifikasi bentuk sudut kaki pada saat gerakan menekuk. 
  8. Disajikan tabel, siswa dapat memilih aktivitas yang termasuk gerak nonlokomotor. 
  9. Disajikan tabel, siswa dapat memilih aktivitas yang bukan gerak nonlokomotor.
C. Peserta didik dapat mempraktekkan pola gerak dasar manipulatif (melempar, menangkap, memukul, dan menendang bola)
  1. Siswa dapat menentukan teknik tangan agar lemparan bola basket menjadi jauh. 
  2. Siswa dapat mendefinisikan gerak yang menggunakan alat bantu.
  3. Siswa dapat menyebutkan anggota tubuh dominan untuk menendang.
  4. Siswa dapat menjelaskan makna dari gerak menangkap bola.
  5. Disajikan tabel, siswa dapat mengelompokkan aktivitas gerak manipulatif.
  6. Disajikan tabel, siswa dapat mengidentifikasi aktivitas yang bukan gerak manipulatif.



KELAS 1 SBDP (Kisi-Kisi)


KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2025/2026

KELAS : I
MATA PELAJARAN         : SBDP
WAKTU : 90 Menit
PENYUSUN SOAL : Minia Wety, S.Pd

A. Peserta didik dapat menentukan dan menyebutkan aneka garis pada benda di sekitar kita
  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi definisi garis vertikal.
  2. Peserta didik dapat mengidentifikasi garis lengkung pada benda konstruksi.
  3. Peserta didik dapat mengidentifikasi definisi garis horizontal
  4. 4Peserta didik dapat mengklasifikasikan contoh benda yang berasal dari alam
  5. 5Peserta didik dapat mengklasifikasikan contoh benda buatan manusia. Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis garis diagonal (miring) pada benda sekitar.
  6. Peserta didik dapat menyelesaikan operasi hitung pengurangan sederhana terkait objek ubin.
B. Peserta didik dapat menentukan dan menunjukkan gerakan dan bentuk benda
  1. Peserta didik dapat menerapkan operasi hitung pengurangan dalam konteks kerajinan tangan. 
  2. Peserta didik dapat mengidentifikasi kerang sebagai bentuk organik (alami). 
  3. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah matematika sederhana terkait bahan kerajinan. 
  4. Peserta didik dapat menyebutkan istilah untuk garis yang tidak berubah (statis). 
  5. Peserta didik dapat menyebutkan istilah untuk garis yang berubah (dinamis). 
  6. Peserta didik dapat memberikan contoh benda berbentuk organik. 
  7. Peserta didik dapat mengidentifikasi motif garis diagonal pada gambar. Peserta didik dapat mendefinisikan karakteristik bentuk geometris.
C. Peserta didik dapat menentukan dan membuat bentuk dengan potong dan tempel
  1. Peserta didik dapat mengelompokkan bentuk-bentuk dasar ke dalam jenis geometris
  2. Peserta didik dapat menyebutkan nama teknik seni tempel (kolase). 
  3. Peserta didik dapat menggolongkan pohon sebagai bentuk organik. 
  4. Peserta didik dapat mengidentifikasi alat/bahan perekat dalam pembuatan kolase.
  5. Peserta didik dapat mengidentifikasi alat potong dalam pembuatan kolase.