Wisuda Sertifikasi Hafalan Al Quran

Kegiatan Rutin Wisuda Sertifikasi Hafalan Al Quran Siswa dan Bersamaan dengan Perpisahan Siswa Kelas 6.

Outing Class

Kegiatan Tahunan Outing Class Siswa sebagai Wadah Edukasi Lapangan.

Kunjungan Perpustakaan Wilayah

Kegiatan Kunjungan Lapangan Ke Perpustakaan Soeman HS sebagai Motivasi Meningkatkan Literasi Siswa.

Kegiatan Ekskul Panahan

Salah Satu Kegiatan Ekskul : Kegiatan Ekskul Panahan Akhwat.

Pembinaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Salah Satu Kegiatan Pembinaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan.

Sabtu, 29 November 2025

Kelas 6 IPAS (Kisi-Kisi)

 



KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL 

SUMATIF AKHIR SEMESTER (SAS)

SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026

KELAS         : VI

MATA PELAJARAN : IPAS

WAKTU                         : 90 MENIT

PENYUSUN SOAL : MUHAMMAD FIKRI, S.Psi., Gr


  1. Mengidentifikasi organ tubuh yang berkaitan dengan sistem gerak.

siswa mampu memahami macam tulang berdasarkan bentuknya

siswa mampu memahami jenis-jenis sendi

siswa mampu memahami kelainan tulang pada manusia

siswa mampu memahami macam-macam otot

siswa mampu memahami kerja bagian tubuh manusia

  1. Mengidentifikasi Perjuangan Pahlawan dalam Mempertahankan Kemerdekaan

siswa memahami tanggal terjadinya pertempuran dengan mengangkat senjata

siswa memahami pemimpin tentara sekutu yang datang ke Indonesia

siswa memahmai taktik perang dalam melawan penjajah

siswa memahami isi dari perjanjian renville, linggarjati, roem royen

siswa memahami nama-nama para pahlawan perjuangan kemerdekaan Indonesia

  1. Menganalisis berbagai bentuk Ekonomi Kreatif Disekitarku

siswa memahami apa saja bentuk kegiatan ekonomi dan pengertiannya dalam kehidupan sehari-hari

siswa memahami macam-macam industri ekonimi kreatif pada era modern ini

  1. Menganalisis Kearifan lokal Disekitarku

siswa memahami maksud dan pengertian kearifan lokal

siswa memahami bentuk-bentuk budaya yang menjadi ciri khas kearifan lokal setiap daerah

siswa memahami kearifan lokal yang berbentuk nyata atau dapat dilihat secara langsung

siswa mampu menuliskan cara melestarikan kearifan lokal


Kelas 6 BMR (Kisi-Kisi)

 

KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026


KELAS         : VI

MATA PELAJARAN : Budaya Melayu Riau

WAKTU         : 90 Menit

PENYUSUN SOAL : Rima Lizarni, S.Pd., Gr.


  1. Murid dapat mengidentifikasi dan menjelaskan flora endemik Riau

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi istilah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme dengan lingkungannya

  2. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi kelompok tumbuhan endemik dan makanan pokok daerah Melayu Riau.

  3. Disajikan gambar, murid dapat mengidentifikasi flora endemik Riau (pohon palm rawa).

  1. Murid dapat mengidentifikasi dan menjelaskan fauna endemik Riau

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi fauna endemik Riau (maskot Riau).

  2. Disajikan soal, murid dapat mengetahui istilah lokal nama kecil ikan terubuk.

  3. Disajikan soal, murid dapat menjelaskan konsep flora/fauna endemik dan memberikan contoh

  1. Murid dapat mengidentifikasi dan menjelaskan situs sejarah Melayu era Kolonial di Riau

  1. Disajikan gambar, murid dapat mengidentifikasi senjata tradisional Melayu Riau era kolonia

  2. Disajikan gambar, murid dapat Mengidentifikasi bangunan bersejarah kolonial di Bengkalis dengan tepat

  3. Disajikan soal, murid dapat menjelaskan konsep Era Kolonial Riau

  1. Murid dapat mengidentifikasi dan menjelaskan tokoh sejarah Melayu era Kolonial di Riau

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi tokoh perlawanan Suku Akit terhadap Belanda

  2. Disajikan teks, murid dapat mengidentifikasi lokasi Benteng Tujuh Lapis

  3. Disajikan soal, murid dapat menggambarkan sifat tokoh sejarah

  1. Murid dapat mengidentifikasi dan menjelaskan adab aktivitas hidup sehari-hari Melayu Riau

  1. Disajikan soal, murid dapat mendefinisikan konsep Adab

  2. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi contoh adab di kamar mandi.

  3. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi posisi tidur yang dilarang

  4. Disajikan soal, murid dapat mengelompokkan jenis adab (menjaga diri dari prilaku menyimpang).

  5. Disajikan sebuah tunjuk ajar, murid dapat melengkapi petuah dengan tepat

  6. Disajikan soal, murid dapat menuliskan 3 hal yang bertentangan dengan adab terhadap orang tua

  1. Murid dapat mengidentifikasi tertib berpakaian Melayu Riau

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi asas/aturan berpakaian Melayu

  2. Disajikan tunjuk ajar, murid dapat Memahami filosofi pakaian Melayu

  3. Disajikan gambar, murid dapat Mengidentifikasi jenis model Baju Kurung pria dengan tepat

  4. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi aturan labuh (panjang) kain sampin untuk anak muda.

  5. Disajikan soal, murid dapat menerapkan adab berhias dalam budaya Melayu.

  6. Disajikan soal, murid dapat menjelaskan makna filosofis Baju Kurung.

  1. Murid dapat mengidentifikasi jenis-jenis makanan harian Melayu Riau

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi teknik pembuatan ikan salai

  2. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi bumbu dasar masakan Melayu

  3. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi bahan baku cencaluk.

  1. Murid dapat menjelaskan cara penyajian makanan harian Melayu Riau

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi dasar kuah masakan Asam Pedas

  2. Disajikan soal, murid dapat menjelaskan alasan teknik pengolahan siput dengan tepat

  3. Disajikan soal, murid dapat menjelaskan adab/cara penyajian makanan harian Melayu Riau.

Kelas 6 Bahasa Indonesia (Kisi-Kisi)

 

KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2025/2026


KELAS         : VI

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

WAKTU         : 90 Menit

PENYUSUN SOAL : Rima Lizarni, S.Pd., Gr.


  1. Murid dapat menyimak teks narasi fiksi berupa cerpen

  1. Disajikan sebuah teks cerpen, murid dapat menentukan topik atau tema utama dengan benar

  2. Disajikan sebuah teks cerpen murid dapat menemukan amanat atau pesan moral dengan tepat

  1. Murid dapat menemukan dan menyebutkan unsur instrinsik pada cerpen

  1. Disajikan sebuah teks cerpen, murid dapat mengidentifikasi latar tempat utama cerita

  2. Disajikan sebuah teks cerpen, murid dapat mengidentifikasi tokoh utama dalam cerita

  3. Disajikan sebuah teks cerpen, murid dapat menganalisis watak/karakter tokoh pendukung.

  1. Murid dapat mengungkapkan pendapat terhadap cerpen

  1. Disajikan sebuah teks cerpen, murid dapat meringkas/menyimpulkan isi cerita.

  1. Murid dapat melengkapi formulir pendaftaran dan daftar riwayat hidup

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi jenis-jenis formulir.

  2. Disajikan sebuah formulir, murid mengidentifikasi bagian-bagiannya dengan benar

  1. Murid dapat menuliskan surat resmi dan surat pribadi

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi unsur surat resmi.

  2. Disajikan soal, murid dapat mengetahui istilah komunikasi modern.

  1. Murid dapat menyimak dan menjawab pertanyaan mengenai artikel yang dibacakan

  1. Disajikan soal, murid dapat mendefinisikan jenis teks dengan tepat

  2. Disajikan penggalan teks artikel, murid dapat menemukan informasi spesifik dari teks.

  1. Murid dapat memahami ide pokok dan ide pendukung

  1. Disajikan penggalan teks artikel, murid dapat menentukan ide pokok/gagasan utama paragraf.

  2. Disajikan penggalan teks artikel, murid dapat membedakan ide pokok dan ide pendukung

  1. Murid dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas

  1. Disajikan penggalan teks diskusi, murid dapat menentukan topiknya dengan benar

  2. Disajikan penggalan teks diskusi, murid dapat mengidentifikasi kalimat penolakan pendapat.

  1. Murid dapat membuat peta pikiran untuk mengorganisasikan ide-ide

  1. Disajikan soal, murid dapat menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran.

  1. Murid dapat melakukan wawancara dan menuliskan hasilnya dalam laporan singkat

  1. Disajikan penggalan teks wawancara, murid dapat mengidentifikasi narasumbernya dengan tepat

  2. Disajikan penggalan teks wawancara, murid dapat menemukan informasi spesifik dari wawancara.

  3. Disajikan penggalan teks wawancara, murid dapat meringkas hasil wawancara dalam bentuk laporan singkat.

  1. Murid dapat menunjukkan fakta dan fiksi dalam teks legenda

  1. Disajikan penggalan teks legenda, murid dapat mengidentifikasi unsur fakta dengan benar

  2. Disajikan penggalan teks legenda, murid dapat membedakan fakta (nyata) dan fiksi (rekaan) dengan tepat

  1. Murid dapat. membedakan contoh kalimat langsung dan kalimat tidak langsung

  1. Disajikan soal, murid dapat mengidentifikasi jenis kalimat dengan tepat

  2. Disajikan soal, murid dapat mengetahui ciri-ciri kalimat tidak langsung

  1. Murid dapat membedakan jenis-jenis majas

  1. Disajikan sebuah kalimat, murid dapat mengidentifikasi jenis majas dengan tepat

  2. Disajikan soal, murid dapat menjelaskan jenis-jenis majas tepat

  1. Murid dapat menemukan informasi dalam teks dan diagram

  1. Disajikan sebuah diagram, murid dapat membaca dan menafsirkan data dengan benar

  2. Disajikan sebuah diagram, murid dapat memberikan tanggapan kritis terhadap penyajian data.

  1. Murid dapat menuliskan laporan hasil pengamatan

  1. Disajikan sebuah teks hasil pengamatan, murid dapat menentukan judul laporan pengamatan yang sesuai.

  2. Disajikan sebuah teks hasil pengamatan, murid dapat menemukan detail fisik dari teks laporan.

  1. Murid dapat menentukan kebenaran informasi dari teks eksplanasi ilmiah

  1. Disajikan sebuah penggalan teks eksplanasi, murid dapat menemukan informasi dengan tepat

  2. Disajikan sebuah penggalan teks eksplanasi, murid dapat Menentukan kata tanya yang sesuai.

  1. Murid dapat memahami sinonim dan antonim

  1. Disajikan sebuah kalimat, murid dapat menentukan antonim dari kata yang dimaksud

  2. Disajikan soal, murid dapat menjelaskan makna kata yang dimaksud

  1. Murid dapat menulis ringkasan teks eksplanasi ilmiah

  1. Disajikan sebuah penggalan teks eksplanasi, murid dapat mengidentifikasi dampak dari suatu fenomena

  2. Disajikan sebuah penggalan teks eksplanasi, murid dapat meringkas isi teks secara tepat

  3. Disajikan sebuah penggalan teks eksplanasi, murid dapat mengidentifikasi kata tidak baku

  1. Murid dapat menulis kalimat efektif untuk poster

  1. Disajikan sebuah gambar, murid dapat mengidentifikasi jenis media promosi yang sesuai

  2. Disajikan gambar, murid dapat menentukan kalimat iklan persuasif yang efektif.

  3. Disajikan gambar, murid dapat menganalisis sasaran dan tujuan iklan pada gambar